Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Migran Terbalik di Sungai Turki, Tiga Tewas Tujuh Hilang

Kompas.com - 13/02/2018, 23:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Tiga orang, dua di antaranya anak-anak, tewas tenggelam setelah kapal yang akan membawa mereka melintasi sungai di Turki menuju Yunani terbalik. Tujuh penumpang lain masih dinyatakan hilang.

Sepuluh migran tersebut menumpang kapal karet dan berusaha menyeberang ke Yunani melewati sungai Evros, yang membentang di dekat perbatasan kedua negara.

Kantor berita Dogan, dilansir AFP, melaporkan, korban meninggal yakni seorang perempuan berusia 37 tahun, serta dua anak masing-masing berusia 10 dan 5 tahun. Ketiga jenazah ditemukan pada Selasa (13/2/2018) dini hari di provinsi Edirne, barat laut Turki.

Baca juga: 20 Mayat Migran Ditemukan di Laut Mediterania

Korban perempuan diketahui berasal dari Turki, sementara kedua anak kecil belum diungkapkan identitasnya.

Tiga warga Pakistan telah ditahan karena dicurigai bertindak sebagai pemandu para migran melintasi perbatasan. Demikian dilaporkan Dogan tanpa keterangan lebih lanjut.

Pemerintah Turki terdampak kesepakatan dengan Uni Eropa pada 2016 dalam upaya membendung arus migran ke Eropa yang kebanyakan melakukan penyeberangan melalui jalur laut yang berbahaya dengan melintasi Laut Aege dari Turki barat ke Yunani.

Kelompok bantuan menyebut saat ini semakin banyak migran yang berusaha menyeberang ke Eropa melalui Evros meski mengetahui derasnya arus sungai.

Baca juga: Kapal Migran Terbalik, 90 Orang Dikhawatirkan Tenggelam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com