Kompas.com - 13/02/2018, 21:10 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Philomenia Chieshe tidak bisa menemukan alasan yang tepat ketika pemerintah Nigeria menyadari ada dana negara yang hilang.

London Evening Standard melaporkan Selasa (13/2/2018), jumlah uang yang raib itu sebesar 36 juta naira, atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Karena itu, dia kemudian membuat pengakuan yang konyol; seekor ular telah memakan uang tersebut.

Baca juga : Warga Desa di Malaysia Bunuh 2 Ekor Ular Piton yang Sedang Kawin

Dia menyalahkan pekerja rumah tangga, dan kolega kantornya karena menggunakan "ular gaib" untuk mencuri dana yang dikumpulkan dari biaya masuk.

Pemerintah melalui Badan Pendaftaran dan Matrikulasi (JAMB), tempat Chieshe bekerja, tentu tidak bisa menerima alasan aneh tersebut.

Karena itu, JAMB kemudian memutuskan untuk menskors Chieshe, dan menggelar investigasi untuk mencari tahu penyebab sebenarnya.

Pernyataan Cieshe kemudian menjadi bahan candaan netizen Nigeria di media sosial Twitter.

Seperti akun bernama Naija Blodd yang mengunggah sebuah gambar dari permainan di telepon genggam Snake.

"Ini merupakan rekaman CCTV di mana ular misterius melahap uang 36 juta naira. Kami harap CCTV ini bisa membantu pemerintah menangkap pelaku," kata Naija Blood.

Badan anti-korupsi Nigeria (EFCC) tidak ketinggalan dalam mengunggah sebuah gambar lucu untuk mengejek pernyataan Chieshe.

Baca juga : Anak Perempuan 6 Tahun Digigit Ular Kobra saat Tertidur

"Sang Elang tidak menunjukkan belas kasihan kepada si pelahap uang, ular," kata EFCC di akun resminya. Adapun elang merupakan simbol Nigeria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.