Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat yang Menipu Hitler soal Pendaratan Normandia Dilelang

Kompas.com - 12/02/2018, 18:24 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

BERLIN, KOMPAS.com - Sebuah informasi intelijen Jerman yang salah memperkirakan tentang pendaratan di Normandia dan menyebabkan Adolf Hitler terlambat merespon diungkap 74 tahun kemudian.

Informasi rahasia berbentuk teleks itu dikirim ke Berlin oleh seorang mata-mata Jerman di London, tiga hari setelah invasi ke Normandia dimulai pada 6 Juni 1944.

Agen rahasia yang tak diketahui namanya itu telah bertemu dengan tiga agen Jerman yang menggunakan nama samaran Johnny, Dick, dan Dorrick.

Mereka mendiskusikan rencana pendaratan itu dan akhirnya menyimpulkan rencana invasi itu adalah sekadar pengalihan dari serangan sesungguhnya di lokasi lainnya.

Baca juga : Jenderal Eisenhower: Jika Pendaratan Normandia Gagal, Salahkan Saya!

Ketiga agen itu yakin Sekutu akan mendarat di Calais, kota pelabuhan Perancis yang jaraknya jauh lebih dekat dengan Inggris ketimbang Normandia.

Uniknya, di hari yang sama saat teleks dari ketiga agen itu dikirim ke Jerman, salah satu agen ganda Inggris, pebisnis Juan Pujol Garcia, juga menyampaikan informasi sama kepada Jerman.

Setelah menerima masukan dari para agennya ini, Hitler kemudian membuat keputusan yang nantinya menjadi salah satu blunder terbesar dalam Perang Dunia II.

Khawatir sekutu mengerahkan pasukannya ke Calais, Hitler menunda pengiriman pasukan dan tank tambahan ke Normandia hingga tujuh pekan setelah pendaratan dilakukan.

Keputusan itu terbukti fatal karena Sekutu memiliki kesempatan untuk memperkuat posisinya di Perancis dan hanya dalam waktu setahun bisa membebaskan Perancis, Belgia, dan Belanda sebelum menginvasi Jerman.

Diduga, teleks para agen Jerman itu sempat dicegat dinas rahasia Inggris MI5 dan sengaja dibiarkan lolos ke Jerman.

Surat itu kini menjadi milik seorang staf yang bekerja di Kementerian Perang Inggris selama 30 tahun dan kini putranya akan melelang surat bersejarah tersebut di Cornwall.

Baca juga : Andai Hitler Tak Tidur Saat Sekutu Mendarat di Normandia...

Pas-de-Calais memang titik terdekat Perancis dari daratan Inggris tetapi Sekutu memilih mendarat di Normandia karena kota pelabuhan itu dipertahankan dengan baik oleh Jerman.

Namun, Sekutu membuat skenario seolah-olah akan menggelar serangan besar ke kota pelabuhan itu. Dan, ternyata umpan tersebut dipercayai Jerman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com