Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Guatemala Sita 476 Kilogram Kokain, Empat Tersangka Ditahan

Kompas.com - 11/02/2018, 23:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

EL ESTOR, KOMPAS.com - Polisi anti-narkoba Guatemala menyita hampir setengah ton kokain dalam sebuah operasi penggerebekan pada Sabtu (10/2/2018). Empat tersangka ditahan setelah melalui baku tembak.

Selain narkotika terlarang, polisi turut menyita sebuah pesawat terbang dan juga senjata api. Demikian disampaikan sumber kepolisian dilansir AFP.

Para tersangka semuanya diketahui merupakan warga negara Guatemala. Polisi awalnya mencurigai sebuah pesawat kecil yang mendarat di kawasan di luar kota El Estor, di pesisir pantai Karibia, sekitar 155 kilometer dari ibu kota Guatemala City.

Baca juga: CCTV Rekam Detik-detik Kandidat Miss Guatemala Ditembak di Jalanan

"Sebuah pesawat terbang AS mendarat di garis pantai Venezuela, yang merupakan jalur pendaratan ilegal," demikian tulis pernyataan Kementerian Dalam Negeri.

Juru bicara kepoilisian, Pablo Castillo menyampaikan, petugas sempat terlibat baku tempat dengan para tersangka, sebelum akhirnya dapat menahan keempat tersangka bersama dengan barang bukti 476 kilogram kokain.

Polisi juga menyita dua unit mobil bak terbuka, granat tangan dan empat buah senjata api, serta sebuah telepon satelit.

Sebagai negara di Amerika Tengah, Guatemala termasuk salah satu titik transit utama dalam peredaran narkoba, terutama kokain, yang akan diedarkan ke kawasan Amerika Selatan, Meksiko dan juga AS.

Sepanjang 2017, Guatemala telah menyita hingga 13,6 ton kokain dari berbagai operasi. Jumlah tersebut meningkat dar tahun sebelumnya yang mencapai 12,8 ton.

Baca juga: Arkeolog Temukan 60.000 Struktur Maya Kuno di Hutan Guatemala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com