Kompas.com - 11/02/2018, 08:46 WIB

KWAZULU NATAL, KOMPAS.com - Seorang anak perempuan berusia 6 tahun menjadi korban gigitan ular saat tertidur di kamarnya. Dia digigit di bagian wajah yang menyebabkan bengkak pada organ tenggorokan.

Mikayla-Sue Grove mendadak terbangun di tengah malam dan mengeluhkan rasa sakit di bagian gigi.

Namun saat kedua orangtua Mikayla, Inge dan Ludwig memeriksa kamar, mereka mendapati seekor ular kobra yang diduga menjadi penyebab sakit yang diderita anak mereka.

Mereka langsung membawa kedua anak mereka, Mikayla dan adiknya Izabella keluar dari kamar. Tapi tiba-tiba ular tersebut kembali menyerang. Kali ini dengan meludahkan racun yang mengenai mata Inge.

Baca juga: Makan Daging Sapi yang Mati Digigit Ular Kobra, 60 Orang Keracunan

Satu keluarga yang berasal dari kota Ballito, provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan tersebut langsung bergegas ke rumah sakit Alberlito yang berjarak sekitar 15 menit berkendara dari rumah mereka.

Selama dalam perjalanan, Inge yang terkena racun ular pada bagian mata terus membilasnya dengan air, berharap dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Setibanya di rumah sakit, Mikayla langsung mendapat penanganan dengan memasukkan selang ke dalam tenggorokannya yang sudah mulai membengkak agar dia dapat bernafas kembali.

Pakar ular Arno Naude menuliskan di laman media sosial yang didedikasikan untuk serangan ular, tindakan yang diambil petugas rumah sakit dengan memasukkan selang sudah tepat.

"Mikayla juga mendapat 17 dosis obat anti-racun yang diberikan dalam jangka 12 jam," kata sang ayah, Ludwig Grove pada media lokal, dikutip Metro.co.uk.

Saat di rumah sakit, bekas gigitan kobra terlihat tampak jelas pada bagian dagu Mikayla. Beruntung, kondisinya segera membaik dan selang bantuan pernapasan telah dilepas.

"Dia masih di ICU, tapi saya bisa mengatakan dia sudah terbebas dari bahaya. Kami akan tahu pasti selama dua sampai tiga hari ke depan untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan akibat racun ular," kata Ludwig.

Baca juga: Pemuda India Tewas Saat Hendak Mencium Seekor Ular Kobra

Kondisi penglihatan sang ibu, Inge, juga telah pulih meski juga masih harus berada di rumah sakit untuk perawatan intensif.

Usai kejadian, Ludwig memanggil penangkap ular ke rumahnya. Ular yang menyerang keluarganya telah diidentifikasi sebagai ular kobra peludah Mozambik (naja mossambica).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.