Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tingkat Sarat Penumpang Terguling, 18 Tewas Puluhan Luka-luka

Kompas.com - 11/02/2018, 07:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,SCMP

HONG KONG, KOMPAS.com - Setidaknya 18 orang tewas dan lebih dari 60 lainnya luka-luka, setelah sebuah bus tingkat mengalami kecelakaan di Hong Kong, Sabtu (10/2/2018) petang waktu setempat.

Melansir SCMP, bus sarat penumpang terguling ke sisi kiri dan meluncur sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak tiang listrik. Operasi penyelamatan penumpang dilakukan dengan melibatkan puluhan petugas polisi dan pemadam kebakaran.

Kecelakaan itu tercatat menjadi yang terparah dan paling mematikan di kota tersebut dalam 15 tahun terakhir.

Baca juga: 32 Murid Tewas akibat Kecelakaan Bus di Tanzania

Sebanyak 15 penumpang laki-laki dan tiga perempuan dilaporkan tewas di lokasi kecelakaan, sementara 61 penumpang lainnya dilarikan ke 12 rumah sakit di penjuru kota.

Di antara mereka yang dibawa ke rumah sakit, 10 penumpang dalam kondisi kritis dan 15 lainnya mengalami luka serius.

Menurut saksi mata, bus rute 872 itu sedang dalam perjalanan dari Sha Tin menuhu Tai Po Centre. Bus terguling saat membelok di Jalan Tai Po dekat dengan Tsung Tsai Yuen.

Laporan polisi mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Petugas dan tim penyelamat bergegas ke lokasi untuk mengeluarkan para korban luka maupun meninggal.

Para penumpang yang selamat mengatakan bus melaju dalam kecepatan tinggi. Sopir bus juga dikatakan tengah kesal karena disebut datang terlambat.

"Dia terlambat sekitar 10 menit. Dia kesal karena dikritik dan mulai mengemudikan bus dengan cepat," kata salah seorang penumpang.

"Bus melaju lebih cepat daripada yang biasa saya rasakan. Kemudian ban terasa tergelincir dan bus terguling," kata penumpang lainnya.

Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam Cheng Yuet-ngor telah mengunjungi para korban di rumah sakit dan mengumumkan pemerintah akan membentuk komite independen yang dipimpin seorang hakim guna menginvestigasi segi keamanan bus.

Pengawas Senior Polisi Li Chi-wai mengatakan, pengemudi bus diduga melaju kencang saat melewati jalanan menurun dan kehilangan kendali hingga bus miring ke kiri.

Li menambahkan, penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis sopir saat terjadinya kecelakaan, kecepatan bus dalam perjalanan dan melihat ada tidaknya masalah teknis.

"Sopir bus diketahui tidak dalam pengaruh alkohol dan juga tidak memerlukan bantuan medis," kata Li.

Baca juga: Sopir Mendadak Sakit, Siswa 13 Tahun Ambil Alih Kemudi Bus

Manajer Umum Kowloon Motor Bus (KMB), Godwin So Wai-kei menyampaikan, perusahaan akan memberikan santunan kepada korban kecelakaan sebesar 80.000 dolar Hong Kong (sekitar Rp 140 juta) untuk setiap penumpang maupun keluarga korban meninggal.

KMB selaku operator bus juga akan melakukan investigasi mandiri terkait kecelakaan dan akan menyerahkan hasil penyelidikan kepada Departemen Transportasi dalam jangka waktu satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com