Kompas.com - 11/02/2018, 07:22 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Setidaknya 18 orang tewas dan lebih dari 60 lainnya luka-luka, setelah sebuah bus tingkat mengalami kecelakaan di Hong Kong, Sabtu (10/2/2018) petang waktu setempat.

Melansir SCMP, bus sarat penumpang terguling ke sisi kiri dan meluncur sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak tiang listrik. Operasi penyelamatan penumpang dilakukan dengan melibatkan puluhan petugas polisi dan pemadam kebakaran.

Kecelakaan itu tercatat menjadi yang terparah dan paling mematikan di kota tersebut dalam 15 tahun terakhir.

Baca juga: 32 Murid Tewas akibat Kecelakaan Bus di Tanzania

Sebanyak 15 penumpang laki-laki dan tiga perempuan dilaporkan tewas di lokasi kecelakaan, sementara 61 penumpang lainnya dilarikan ke 12 rumah sakit di penjuru kota.

Di antara mereka yang dibawa ke rumah sakit, 10 penumpang dalam kondisi kritis dan 15 lainnya mengalami luka serius.

Menurut saksi mata, bus rute 872 itu sedang dalam perjalanan dari Sha Tin menuhu Tai Po Centre. Bus terguling saat membelok di Jalan Tai Po dekat dengan Tsung Tsai Yuen.

Laporan polisi mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Petugas dan tim penyelamat bergegas ke lokasi untuk mengeluarkan para korban luka maupun meninggal.

Para penumpang yang selamat mengatakan bus melaju dalam kecepatan tinggi. Sopir bus juga dikatakan tengah kesal karena disebut datang terlambat.

"Dia terlambat sekitar 10 menit. Dia kesal karena dikritik dan mulai mengemudikan bus dengan cepat," kata salah seorang penumpang.

"Bus melaju lebih cepat daripada yang biasa saya rasakan. Kemudian ban terasa tergelincir dan bus terguling," kata penumpang lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP,SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.