Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Undang Presiden Korsel ke Korut

Kompas.com - 10/02/2018, 16:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dilaporkan mengundang Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae In, ke negerinya.

Hal itu terungkap dalam surat yang dikirim utusan sekaligus adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, saat pertemuan di Gedung Biru Sabtu (10/2/2018)

Dilansir Yonhap, dalam suratnya seperti yang disampaikan Kim Yo Jong, Kim mengajak Moon bertemu di Pyongyang untuk menggelar Pertemuan Tingkat Tinggi Antar-Korea yang ketiga.

Baca juga : Ketika AS dan Korut Duduk Bersama di Pembukaan Olimpiade

Sebelumnya, dua Korea dilaporkan menggelar pertemuan masing-masing pada 2000 dan 2007. Semua pertemuan digelar di Pyongyang.

Kim menambahkan, Moon bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk menggelar pertemuan tersebut.

"Melalui Utusan Khusus Kim Yo Jong, Kim Jong Un ingin memperkuat hubungan antar-Korea," kata Juru Bicara Moon, Kim Eui Kyeom dilansir AFP.

Sebelumnya, pada pesta pembukaan Olimpiade Musim Dingin Jumat (9/2/2018), delegasi Korut diwakili oleh dua pejabat tertingginya, Kim Yo Jong, dan Pemimpin Seremonial Kim Yong Nam.

Khusus Kim Yo Jong, ini merupakan kali pertama anggota keluarga penguasa Korut menghadiri Olimpiade di Korsel sejak Perang Korea 1950-1953.

Baca juga : Adik Kim Jong Un Hadiri Pembukaan Olimpiade Musim Dingin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com