Kompas.com - 10/02/2018, 16:19 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dilaporkan mengundang Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae In, ke negerinya.

Hal itu terungkap dalam surat yang dikirim utusan sekaligus adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, saat pertemuan di Gedung Biru Sabtu (10/2/2018)

Dilansir Yonhap, dalam suratnya seperti yang disampaikan Kim Yo Jong, Kim mengajak Moon bertemu di Pyongyang untuk menggelar Pertemuan Tingkat Tinggi Antar-Korea yang ketiga.

Baca juga : Ketika AS dan Korut Duduk Bersama di Pembukaan Olimpiade

Sebelumnya, dua Korea dilaporkan menggelar pertemuan masing-masing pada 2000 dan 2007. Semua pertemuan digelar di Pyongyang.

Kim menambahkan, Moon bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk menggelar pertemuan tersebut.

"Melalui Utusan Khusus Kim Yo Jong, Kim Jong Un ingin memperkuat hubungan antar-Korea," kata Juru Bicara Moon, Kim Eui Kyeom dilansir AFP.

Sebelumnya, pada pesta pembukaan Olimpiade Musim Dingin Jumat (9/2/2018), delegasi Korut diwakili oleh dua pejabat tertingginya, Kim Yo Jong, dan Pemimpin Seremonial Kim Yong Nam.

Khusus Kim Yo Jong, ini merupakan kali pertama anggota keluarga penguasa Korut menghadiri Olimpiade di Korsel sejak Perang Korea 1950-1953.

Baca juga : Adik Kim Jong Un Hadiri Pembukaan Olimpiade Musim Dingin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.