Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbobot 5 Kilogram, Inikah Burger Terbesar di Dunia?

Kompas.com - 09/02/2018, 17:40 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

DARWIN, KOMPAS.com - Sejauh ini belum ada satu orang pun yang mampu menghabiskan burger berukuran 5 kilogram yang dibuat sebuah pusat perbelanjaan di Australia.

Pusat perbelajaan Happy Hearts di Darwi menggelar tantangan bagi pengunjung yang lapar untuk menghabiskan burger berukuran jumbo itu.

"Belum ada yang bisa menghabiskan burger ini dan kami harap tak ada yang bisa," kata pemilik Happy Hearts, Carl Sorrenson dan Fe Bacayo.

Dijuluki "The Supreme" burger jumbo ini terdiri dari beberapa lapisan yaitu 1 kg daging sapi, 1 kilogram daging babi, 1 kilogram keju, 2 kilogram telur, selada, nanas, dan bumbu rahasia.

Baca juga : Wajib Coba, Burger dengan Cita Rasa ala Jepang

Selain cukup berat, burger ini juga amat tebal karena seluruh lapisannya berukuran 40 cm.

Burger yang bisa diperoleh pelanggan supermarket yang berbelanja minimal 75 dolar Australia atau sekitar Rp 750.000 itu disebut amat populer.

Popularitas burger raksasa ini semakin memuncak setelah muncul dalam acara kuliner di televisi "Man vs Food" musim pertama.

Namun, burger jumbo ini bukanlah yang terbesar di dunia. Burger terbesar di dunia diciptakan pada 2011.

Rekor burger terbesar di dunia pecah di kota Pleasanton, California. Brett Enright, bos perusahaan katering asal Phoenix, membuat burger seberat352,5 kilogram, di Alameda County Fairgrounds, pasar malam yang berlangsung di kota itu.

Harian Contra Costa Times memberitakan, ide Enright muncul saat cuti dari pekerjaannya sebagai bos perusahaan katering Juicys.

”Saya pikir, saya bisa membuat burger terbesar di dunia,” katanya.

Enright kemudian mencari tahu rekor burger terbesar sebelumnya, yang ternyata seberat 267,5 kilogram.

Baca juga : Burger King Sediakan Burger Gratis untuk Mereka yang Baru Dipecat

Dia pun mengontak Nick Nicora, pemilik Ovation Food Services di Pleasanton, dan mereka berdua memilih pasar malam tahunan itu sebagai saat tepat untuk bekerja.

Pengunjung bisa mencicipinya dengan membayar 99 sen atau Rp 8.500, dan dana yang terkumpul disumbangkan kepada Alameda County Community Food Bank

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com