Kompas.com - 09/02/2018, 17:13 WIB

SIBERIA, KOMPAS.com - Saat teknologi telepon seluler semakin maju dan dimiliki hampir oleh semua orang, Presiden Rusia Vladimir Putin justru mengaku jika dirinya tidak memiliki ponsel.

Pengakuan itu disampaikan Putin dalam sebuah pertemuan dengan para ilmuwan dan akademisi yang dilangsungkan di Siberia, Kamis (8/2/2018).

Saat itu Kepala Lembaga Penelitian Nuklir Kurchatov, Mikhail Kovalchuk sedang berpidato dan mengatakan bahwa saat ini setiap orang memiliki telepon pintar (smartphone) dalam saku mereka. Hal itu memancing Putin untuk berkomentar.

"Anda berkata semua orang punya smartphone, tapi saya tidak punya smartphone," kata Putin disambung tawa.

Baca juga: Putin Tersinggung Namanya Tak Masuk Daftar

Ini bukan kali pertama Putin berkomentar tentang apakah dia memiliki ponsel. Pada 2005 lalu, kakek berusia 65 tahun itu juga mengaku tidak memiliki ponsel dan tidak paham dengan perkembangan teknologinya.

Pada 2010, Putin juga sempat berkata, jika dia memiliki ponsel maka akan berdering sepanjang waktu.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada 2014 juga membenarkan bahwa presiden sungguh tidak memiliki ponsel dan lebih suka berkomunikasi dengan cara lain.

Banyak orang, bahkan warga Rusia yang heran dengan cara Putin menjalin komunikasi, mengundang berbagai spekulasi di dunia maya.

Sebuah tabloid populer di Rusia, Argumenty i Fakty menulis, jika Putin membutuhkan ponsel, dia hanya cukup memberi perintah kepada salah satu stafnya dan kemudian mengembalikannya begitu selesai menelpon.

Karena tidak memiliki ponsel, maka Putin juga tidak pernah menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter. Putin juga dikabarkan hampir tidak pernah menggunakan internet.

Baca juga: Di Suhu Minus 5 Derajat Celcius, Presiden Putin Ceburkan Diri ke Danau

Apa yang dilakukan Putin tentu sangat kontras dengan Presiden AS, Donald Trump, yang hampir selalu terhubung dengan internet bahkan mengeluarkan pernyataan resmi lewat akun sosial media Twitter-nya.

Bahkan, Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, yang dekat dengan Putin sering terlihat dengan ponsel maupun gawai lainnya dan sering mengunggah foto dirinya di laman resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP,Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.