Kompas.com - 08/02/2018, 11:23 WIB


HUALIEN, KOMPAS.com - Tim penyelamat terus berupaya mencari keberadaan korban selamat yang terjebak di reruntuhan gedung hingga Kamis (8/2/2018), setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang pesisir timur Taiwan pada Selasa (6/2/2018).

Sejauh ini, jumlah korban tewas mencapai 10 orang dan sebanyak 62 orang dilaporkan hilang.

Beberapa gempa susulan yang menyebabkan struktur bangunan semakin lemah tak menghalangi usaha tim penyelamat untuk mengevakuasi korban sebanyak mungkin.

Gempa yang menghantam kota wisata populer di Taiwan, Hualien, telah menyebabkan beberapa bangunan rusak parah, beberapa di antaranya menjadi miring dan jalanan retak.

Ratusan orang terpaksa berlindung di sekolah dan stadion. Saat ini, fokus utama tim penyelamat berada di blok apartemen Yun Tsui, di mana enam orang ditemukan tewas dan puluhan lainnya diduga masih terjebak di dalam bangunan yang miring tersebut.

Gedung 12 lantai itu miring 45 derajat dan dikhawatirkan bakal runtuh.

Baca juga : Gempa Taiwan: 7 Tewas dan 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Gempa berkekuatan 6,4 SR di Hualien, Taiwan, pada Selasa (6/2/2018) malam menyebabkan bangunan miring. (AFP/Paul Yang)PAUL YANG Gempa berkekuatan 6,4 SR di Hualien, Taiwan, pada Selasa (6/2/2018) malam menyebabkan bangunan miring. (AFP/Paul Yang)
Chu Che-min, kepala tim penyelamat dari pemadam kebakaran Hualien mengatakan kepada AFP, bahwa mereka telah menemukan dua jenazah korban semalam.

"Kami menemukan jenazah seorang perempuan di hotel, di blok apartemen Yun Tsui dan satu lagi merupakan staf hotel," katanya.

Palang Merah memastikan tidak ada risiko ledakan gas di gedung tersebut, namun gempa susulan tetap harus diwaspadai.

Sedikitnya 62 orang masih belum ditemukan. Sementara, lebih dari 250 orang terluka akibat gempa terkuat dalam beberapa tahun terakhir di Hualien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.