Kompas.com - 07/02/2018, 19:46 WIB
|

TAIPEI, KOMPAS.com - Gempa bumi yang mengguncang Taiwan tak hanya menewaskan enam orang tetapi juga mengakibatkan sebuah hotel miring 45 derajat.

Gempa dengan kekuatan 6,4 magnitude itu mengguncang kota wisata Hualien di pesisir timur Taiwan pada Selasa (6/2/2018) malam.

Selain enam korban tewas sebanyak 243 orang terluka dan 60 orang lainnya masih dinyatakan hilang, dan diyakini mereka ini terjebak di berbagai gedung.

Puluhan orang diyakini terjeba di Hotel Marshal, gedung apartemen YunMeng Tsui Ti, dan dua menara apartemen lain yang ambruk saat gempa menghantam.

Baca juga : Puluhan Warga Diduga Terjebak Reruntuhan Akibat Gempa Taiwan

Tim penyelamat menyisir reruntuhan bangunan yang runtuh untuk mencari korban selamat.

Dan, menurut pemerintah, gempa susulan berkekuatan 5,0 magnitudo masih bisa terjadi selama dua pekan ke depan.

Rekaman CCTV sebuah toko DVD memperlihatkan momen-momen saat gempa mengguncang. Para pengunjung toko terlempar ke berbagai perabotan dan rak-rak penyimpan DVD berjatuhan.

Dalam video itu juga terlihat seorang perempuan muda dan dua pria berada dalam toko tersebut saat gempa mengguncang pada pukul 23.53 waktu setempat.

Banyak korban terjebak di dalam bangunan karena mereka sudah tertidur saat gempa terjadi.

Pusat gempa berada di laut hampir 18 kilometer sebelah utara Hualien dengan kedalaman 9,6 kilometer.

Baca juga : Korban Tewas Gempa 6,4 SR di Taiwan Bertambah Jadi 4 Orang

Hualien adalah kota berpenduduk 100.000 jiwa. Gempa ini mengakibatkan 40.000 rumah tak mendapat pasokan air bersih dan aliran listrik ke 1.900 rumah terputus.

Pada Rabu siang, sebanyak 5.000 rumah sudah bisa mendapatkan kembali air bersih dan 1.700 rumah kembali dialiri listrik.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.