Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Sport Jadi Ambulans Super Cepat di Dubai

Kompas.com - 02/02/2018, 23:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

DUBAI, KOMPAS.com - Perusahaan Jasa Pelayanan Ambulans Dubai (DCAS) memperkenalkan armada kendaraan penyelamatan baru mereka.

Kendaraan berupa sepeda motor sport tersebut akan menjadi moda transportasi untuk unit respon cepat dengan kecepatan hingga 200 kilometer perjam.

Unit armada baru itu pertama kali ditunjukkan dalam Pameran Kesehatan Arab, sebuah eksebisi sekaligus kongres bidang kesehatan terbesar di Timur Tengah.

Sebanyak enam mobil ambulans mewah serta empat motor sport dipamerkan dalam eksebisi yang digelar selama empat hari dan berakhir Kamis (1/2/2018).

Baca juga: Perempuan India Melahirkan di Ambulans Dikelilingi Selusin Singa

Meski berwujud motor sport, kendaraan tersebut tetap dilengkapi perlengkapan medis, seperti peralatan darurat, alat kejut jantung, hingga tabung oksigen.

Direktur Eksekutif DCAS, Khalifa bin Dray mengatakan, bidang penyelamatan darurat selalu bekerja melawan waktu untuk dapat menjangkau orang yang terluka maupun sakit.

"Sehingga kami melontarkan ide menggunakan motor sport yang erat kaitannya dengan kecepatan. Dengan motor sport ini maka akan dapat memangkas waktu respon menjadi hanya empat menit," kata Khalifa dilansir media Al Bayan.

Dia menggambarkan armada baru DCAS tersebut sebagai ambulans paling mewah di dunia, serta dilengkapi peralatan dan kecerdasan buatan.

Khalifa memaparkan, armada baru tersebut nantinya akan disiagakan di kawasan wisata seperti Burj Khalifa, jalan dan trotoar Jumeriah, yang sejalur dengan layanan luar biasa Dubai.

Dengan kecepatan yang dapat dicapai tim medis dengan peralatan darurat terbaik, maka pertolongan pertama untuk perawatan terbaik dapat diberikan kepada pasien sampai menunggu kedatangan ambulans yang akan membawanya ke rumah sakit.

Baca juga: Di India, Ada Layanan Ambulans Khusus untuk Sapi

Khalifa turut membanggakan prestasi tingkat dunia yang diraih melalui sistem kerja terpadu yang mereka jalankan. Dengan tingkat respon darurat antara 4-8 menit, disebutnya telah melampui kota manapun di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com