Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Besar, Pabrik Baja di China Bagikan Rp 342 Miliar untuk Karyawan

Kompas.com - 02/02/2018, 14:17 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah hal yang wajar jika sebuah perusahaan meraih keuntungan maka sebagian laba itu disisihkan untuk memberi bonus kepada karyawannya.

Sebuah perusahaan baja di wilayah timur China memberikan bonus dengan nilai total 160 juta yuan atau sekitar Rp 342 miliar.

Dan bonus itu tidak diberikan kepada karyawan dengan cara ditransfer melainkan dibagikan secara tunai untuk tiap karyawan.

Fangda Special Steel Technology, perusaah baja yang berbasis di kota Nanchang, provinsi Jiangxi ini membagikan bonus itu pada Kamis (1/2/2018).

Baca juga : Perusahaan China Hadiahi Karyawan Terbaik Bermalam dengan Bintang Porno

Menurut harian Information Daily, seluruh 5.000 orang karyawan tanpa terkecuali mendapatkan jumlah bonus yang sama yaitu 32.000 yuan atau sekitar Rp 68,5 juta.

Langkah ini dilakukan manajemen perusahaan baja Fangda setelah foto tumpukan uang yang disediakan sebuah perusahaan baja lainnya untuk bonus karyawan menjadi viral di media sosial pekan lalu.

Perusahaan yang berbasis di kota Jiujiang itu menyediakan uang tunai bernilai 278 juta yuan atau Rp 595 miliar yang jika ditimbang  bobotnya mencapai 2 ton.

Perusahaan baja di Jiujiang ini tahun lalu mendapatkan laba tertinggi. Sehingga mereka memutuskan memberikan bonus kepada seluruh karyawan, kecuali jajaran manajemen.

Perusahaan ini bahkan sejak 2011 sudah menggelontorkan uang sebesar 600 juta yuan atau Rp 1,3 triliun hanya untuk membayar bonus karyawan.

Tak hanya itu, perusahaan baja ini juga memberikan uang tunai 3.000 yuan atau sekitar Rp 6,4 juta bagi karyawan berusia 60 tahun yang pensiun pada Rabu (31/1/2018).

Baca juga : Perusahaan di China Perintahkan Karyawannya Saling Tampar

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com