Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Pengungsi Afghanistan Terancam Dideportasi dari Pakistan

Kompas.com - 01/02/2018, 18:24 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Sky News

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sebanyak 2,5 juta warga Afghanistan yang mengungsi ke Pakistan terancam menghadapi deportasi setelah masa tinggal mereka di negara itu berakhir pada Rabu (31/1/2018) lalu.

Hal itu setelah pemerintah Pakistan pada tahun ini memutuskan hanya memperpanjang izin tinggal legal untuk para pengungsi Afghanistan di wilayahnya selama satu bulan atau berakhir pada 31 Januari 2018.

Perpanjangan izin tinggal tersebut sudah kali keenam diberikan pemerintah Pakistan pada pengungsi Afghanistan. Hanya saja di tahun-tahun sebelumnya, perpanjangan selalu diberikan untuk jangka waktu satu tahun.

Dilansir Sky News, Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi awal Januari lalu mengumumkan perpanjangan tahun ini hanya selama satu bulan.

Baca juga: Puluhan Pengungsi Afghanistan dan Sudan Tinggal di Trotoar Kalideres

Abbasi beralasan situasi ekonomi Pakistan saat ini terlalu terbebani adanya para pengungsi yang telah tinggal dalam waktu lama, dan saat ini pemerintah menilai sudah tidak sanggup mempertahankan mereka.

Menteri Wilayah Kesukuan Pakistan Abdul Qadir Baloch telah meminta bantuan dari AS agar proses pemulangan para pengungsi Afghanistan dapat berjalan lancar dalam situasi keamanan dan ekonomi negara itu saat ini.

Sementara, para pengungsi Afghanistan di Pakistan meyakini saat ini tidak ada ancaman yang mengharuskan mereka keluar dari negara itu dalam waktu dekat.

Sebaliknya, mereka percaya tengah menjadi alat untuk mengatasi perselisihan politik yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Hubungan diplomatik antara Pakistan dengan Afghanistan saat ini tenang memanas setelah kedua pemerintahan saling tuduh satu sama lain sebagai negara yang melindungi teroris dan menjadi tempat persembunyian kelompok teroris.

Pemerintah Afghanistan sedang berupaya mengintegrasikan kembali agar warganya yang kehilangan tempat tinggal dapat kembali, namun keterbatasan sumber daya sulit untuk menangani sejumlah besar pengungsi yang melintasi perbatasan.

Sementara bagi Pakistan, para pengungsi Afghanistan yang tinggal di wilayah mereka merupakan salah satu cara untuk mencegah permusuhan dari Kabul maupun tekanan dari Washington.

Penduduk Afghanistan mulai meninggalkan negara mereka sejak pecahnya perang Soviet-Afghanistan di 1980-an, berlanjut dengan perselisihan sipil, penguasaan Taliban, hingga Perang Teror yang dipimpin AS.

Baca juga: Peneliti CIIA: Indonesia Akan Sulit Bantu Afghanistan Keluar dari Konflik

Menurut organisasi kemanusiaan Oxfam, dalam dua tahun terakhir hampir dua juta penduduk Afghanistan yang mengungsi karena berbagai kekerasan di seluruh penjuru negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com