Kompas.com - 01/02/2018, 11:38 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

BEIJING, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menegaskan komitmennya bahwa proses perceraian Inggris dari Uni Eropa (Brexit) tetap berjalan sesuai jadwal yang dia kehendaki.

Sebelumnya, Ketua Negosiator Brexit dari Uni Eropa (UE), Michel Barnier, mengatakan Brexit baru bisa terlaksana pada Desember 2020.

Sebab, UE memberi kesempatan kepada Inggris untuk melunasi biaya perceraian yang ditaksir mencapai 39 miliar poundsterling Inggris, sekitar Rp 741,9 triliun.

"Selain itu, durasi itu juga bertepatan dengan selesainya siklus tujuh tahun kerangka finansial UE," kata Barnier pada 20 Desember 2017, seperti dilansir POLITICO.

Baca juga : Efek Brexit, Warna Paspor Inggris Bakal Berganti

Di sela-sela kunjungannya ke China, May menolak usul yang diberikan Barnier.

PM perempuan kedua di Inggris setelah Margaret Thatcher tersebut tetap pada pendiriannya bahwa Brexit bakal dilaksanakan pada Maret 2019.

May juga menolak adanya tudingan bahwa terjadi negosiasi rahasia tentang kemungkinan Brexit terjadi di 2020.

Sejak awal kami memulai negosiasi ini, kami merasa 2019 adalah waktu yang tepat," kata May seperti dilansir Sky News Rabu (31/1/2018).

May menyatakan, saat referendum Brexit pada 23 Juni 2016, dia memilih "Tinggal".

Namun, di sisi lain, dia melihat Inggris tidak akan kolaps meski sudah tidak lagi menjadi bagian dari salah satu organisasi terkuat dunia itu.

"Seperti yang masyarakat lihat, ekonomi kami juga tetap kuat," tutur May kembali.

Baca juga : Inggris dan UE Sepakati Negosiasi Fase Pertama Brexit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sky,Politico
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.