Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patroli Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Imigran Ilegal ke Meksiko

Kompas.com - 31/01/2018, 16:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEXAS, KOMPAS.com - Petugas perbatasan dan bea cukai AS berhasil mengungkap upaya penyelundupan imigran ilegal yang dikirim menggunakan truk trailer di perbatasan Meksiko.

Dilansir dari United Press International, pengungkapan tersebut dilakukan Jumat (26/1/2018) pekan lalu di Laredo, Texas di titik pemeriksaan imigrasi.

Sebanyak 76 imigran tanpa dokumen yang berasal dari Meksiko, Honduras, El Salvador, dan Guatemala ditemukan berada di dalam kontainer.

Di antara para imigran yang ditemukan, terdapat 13 anak di bawah umur dan tanpa didampingi orang dewasa. Pengemudi truk yang berkewarganegaraan AS ditahan.

Baca juga: Protes Aturan Imigrasi, Pilot Israel Tolak Bawa Imigran Afrika

"Organisasi kriminal ini memandang orang-orang tersebut hanya sebagai komoditas tanpa memperhatikan keselamatan mereka," kata Wakil Kepala Petugas Patroli di Laredo, Gabriel Acosta.

"Tindakan yang secara terang-terangan melecehkan nyawa manusia ini benar-benar tidak dapat ditolerir. Kami bekerja sama dengan aparat penegak hukum akan terus menghalau dan membongkar organisasi-organisasi tersebut dan meminta mereka bertanggung jawab," tambahnya.

Kasus penyelundupan tenaga kerja asing dan imigran ilegal masih kerap ditemukan di wilayah perbatasan AS.

Pada Juli 2017 lalu, petugas juga telah menggagalkan upaya penyelundupan 39 imigran dengan modus serupa.

Para imigran dimasukkan dalam trailer yang penuh sesak dan sistem ventilasi yang tidak berfungsi di San Antonio. Akibatnya sepuluh di antara mereka sudah tak bernyawa saat diselamatkan.

Baca juga: Trump Tawarkan Kewarganegaraan kepada 1,8 Juta Imigran Ilegal, tapi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com