Kompas.com - 31/01/2018, 14:56 WIB
EditorVeronika Yasinta


CESNOCK, KOMPAS.com - Penjara dadakan telah dibangun di Kota Cesnock di New South Wales, Australia, untuk mengatasi permasalahan kelebihan narapidana.

Australia Plus pada Rabu (31/1/2018) melaporkan penjara jenis tersebut merupakan yang kedua sejenis yang dibangun di Australia.

Lembaga pemasyarakatan Hunter Valley dibangun hanya dalam waktu setahun, jauh lebih cepat dari yang biasa, karena modelnya hanya berupa akomodasi bergaya asrama sehingga tidak memerlukan sel-sel.

"Baru, inovatif, dan saya kira menjadi cara efektif untuk membangun penjara," kata Menteri Urusan Lembaga Permasyarakatan New South Wales, David Elliott.

Sebanyak 25 tahanan kategori keamanan maksimum akan ditempatkan di setiap asrama dan akan memiliki akses ke bilik mereka sendiri.

Baca juga : Dongkrak Ekspor Alutsista, Australia Anggarkan Rp 40 Triliun

Fasilitas ini akan menampung total sekitar 400 narapidana, yang akan diawasi 24 jam oleh kamera inframerah, serta penjaga bersenjata berat yang berpatroli mengawasi asrama.

Para narapidana diperkirakan akan memasuki Lapas Hunter Valley pada pertengahan Februari 2018.

Elliott mengatakan narapidana akan dipilih secara hati-hati untuk menghuni fasilitas tersebut, dan akan dilibatkan dalam pelatihan, pendidikan dan rehabilitasi selama 15 jam sehari.

"Yang kami lakukan adalah fokus pada rehabilitasi, jadi masalah akomodasi sebenarnya tidak akan begitu penting," katanya.

"Tentara hidup dalam kondisi sama dan melakukan pekerjaan yang begitu sulit. Saya kira bukan tidak manusiawi jika narapidana tinggal di lingkungan yang sama," jelas Elliott.

Baca juga : Terseret Ombak, Dua Remaja Australia Diselamatkan Pakai Drone

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.