Kompas.com - 31/01/2018, 14:22 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara mengecam pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan menyebutnya sebagai pelanggar hak asasi manusia.

Kantor Berita Korea Utara (KCNA), pada Rabu (31/1/2018), memuat laporan mengenai pernyataan Korea Utara untuk menanggapi pidato kenegaraan Trump atau State of Union di Washington DC, Selasa (30/1/2018) malam waktu setempat.

Trump mengambil langkah luar biasa untuk menghormati seorang pembelot Korea Utara dalam pidatonya dengan menghadirkannya di depan Kongres.

Sementara, catatan mengenai penegakan HAM di Korea Utara telah dikritik keras oleh AS dan PBB.

Baca juga : Di Depan Kongres, Trump Beri Penghormatan ke Pembelot Korea Utara

AS menerbitkan laporan HAM tahunan yang secara konsisten menempatkan Korea Utara di antara pelaku pelanggaran HAM terburuk di dunia.

Hal itu ditanggapi Korea Utara dengan menyebut AS sebagai negara diskriminasi dan pelanggar HAM yang sesungguhnya.

"AS, penjaga demokrasi dan pejuang HAM, sedang menegakkan HAM, namun tidak pernah bisa menyamarkan identitas aslinya sebagai pelanggar HAM sesungguhnya," tulis KCNA mengutip pernyataan resmi Korea Utara.

"Diskriminasi dan kebencian rasial adalah penyakit serius yang melekat pada sistem sosial AS, dan telah diperparah sejak Trump menjabat," tulisnya.

Baca juga : Pidato Kenegaraan Trump: Impian Amerika, ISIS, Imigran, dan Ekonomi

Pernyataan itu juga menuliskan bahwa kelas pekerja di AS seperti berada di dekat jurang mimpi buruk, termasuk kehilangan rumah dan pekerjaan, serta menghadapi biaya pengobatan yang melonjak.

Di sisi lain, beberapa pejabat tinggi pemerintahan Trump merupakan kelas konglomerat dengan total aset pegawai negeri senilai 14 miliar dollar AS atau Rp 187,2 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.