Kompas.com - 30/01/2018, 23:05 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi telah membebaskan sebagian besar tersangka kasus korupsi yang sebelumnya ditahan di sebuah hotel mewah.

Jaksa Agung Arab Saudi, Sheikh Saud Al Mojeb mengatakan pada Selasa (29/1/2018), pemerintah telah berhasil mendapatkan kembali aset sebanyak 107 miliar dolar atau sekitar Rp 1.434 triliun.

Sementara dari total 381 tersangka kasus korupsi yang sebelumnya ditahan, kini tinggal 56 tersangka yang masih ditahan untuk menyelidikan lebih lanjut. Sedangkan tersangka lain telah dibebaskan.

Baca juga: Bebas dari Tahanan, Pangeran Arab Saudi Makin Kaya

Mengutip dari AFP, mereka yang dibebaskan tidak hanya yang telah terbukti tidak bersalah, namun juga mereka yang telah setuju melakukan kesepakatan finansial dengan pemerintah.

Total aset yang berhasil didapatkan kembali oleh pemerintah Saudi sebesar Rp 1.434 triliun berupa properti, surat berharga dan juga uang tunai.

"Jumlah total orang yang dipanggil mencapai 381. Sebagianejumlah  besar dipanggil untuk memberi kesaksian atau bukti," kata jaksa agung dalam pernyataan yang dikeluarkan kementerian informasi.

Sementara itu, Kejaksaan Agung masih menahan 56 orang yang mana masih harus menjalani pemeriksaan terkait kasus kriminal yang lain. Kejaksaan Agung tidak mengungkapkan nama-nama orang yang masih ditahan.

Pada November 2017, otoritas anti-korupsi Saudi melakukan penahanan terhadap ratusan anggota keluarga kerajaan, pengusaha dan pejabat tinggi yang diduga tersangkut kasus korupsi yang merugikan negara.

Baca juga: Uang Tebusan Tersangka Korupsi di Saudi Bakal Tembus Rp 1.300 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.