Kompas.com - 30/01/2018, 17:25 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dikabarkan sempat bertemu dengna agan intelijen AS beberapa hari sebelum dibunuh di bandara internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Dalam sidang yang menghadirkan dua perempuan yang diduga menjadi pelaku pembunuhan Kim Jong Nam, majelis hakim mendengarkan keterangan bahwa pria itu sempat pergi ke pulau wisata Langkawi pada 9 Februari 2017.

Di pulau itulah Kim Jong Nam diyakini bertemu dengan seorang agen rahasia AS. Namun, Wan Azirul Nizam, yang memimpin investigasi kasus ini mengatakan, sejauh ini identitas sang agen belum diketahui.

Meski demikian, Nizam bisa memastikan bahwa Kim Jong Nam membawa uang tunai 138.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar di tas ranselnya.

Baca juga : Kim Jong Nam Diyakini Bawa Obat Penawar saat Diracun

Tas itu juga dibawa Kim Jong Nam saat diserang di bandara Kuala Lumpur empat hari kemudian. Fakta ini ditemukan setelah polisi memeriksa laptop milik Kim Jong Nam.

Hasil pemeriksaan itu menunjukkan bahwa sebuah kartu memori dimasukkan ke komputer itu beberapa kali pada 9 Februari. Namun, kartu memori tersebut hingga kini tak bisa ditemukan.

Nizam menambahkan, dia mengirimkan seorang petugas untuk melakukan investigasi terkait perjalanan lima hari Kim Jong Nam ke Langkawi.

Langkah itu dilakukan untuk menguak motif di balik pembunuhan terhadap saudara Kim Jong Un tersebut.

Soal kemungkinan Kim Jong Un bertemu dengan agen rahasia Amerika Serikat juga disampaikan guru besar Universitas Waseda Tokyo Toshimitsu Shigemura.

"Kami mengetahui Kim Jong Nam pernah bertemu dengan agen rahasia Korea Selatan dan dia berada di bawah perlindungan China saat berada di China dan Makau," kata Shigemura, yang juga pakar masalah Korea Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.