Kompas.com - 30/01/2018, 13:27 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur AU Rusia terbang sangat dekat dengan sebuah pesawat mata-mata Amerika Serikat di atas Laut Hitam.

Jarak antara pesawat tempur Rusia, Su-27 dan pesawat mata-mata AS jenis EP-3 amat dekat yaitu hanya 1,5 meter.

Angkatan Laut AS mengatakan, pesawat Rusia itu menempel pesawat AS selama lebih dari dua jam dalam insiden yang terjadi di wilayah udara internasional.

Kementerian pertahanan Rusia beralasan, tindakan pesawat mereka sesuai dengan ketentuan intrnasional tentang penggunaan wilayah udara.

Baca juga : Pesawat Jet Rusia Lakukan Manuver Berbahaya Terhadap Pesawat AS

Angkatan bersenjata Rusia dan NATO beroperasi di wilayah udara bersama, meskipun ketegangan meningkat sejak Rusia mencaplok Semenanjung Krimea pada 2014.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Angkatan Laut AS mengatakan jet tempur Rusia itu langsung melintas ke jalur penerbangan pesawat mata-mata AS.

"Rusia memiliki hak untuk terbang di wilayah udara internasional, tapi mereka harus berperilaku sesuai standar internasional yang disusun untuk menjamin keselamatan dan mencegah kecelakaan," demikian AL Amerika Serikat.

Di sisi lain, kementerian pertahanan Rusia mengatakan, jalur penerbangan pesawat tempurnya sudah sesuai dengan ketentuan internasional tentang penggunaan wilayah udara.

Kemenhan Rusia menambahkan perilaku pilotnya sama sekali tidak 'di luar standar' dan tindakan mereka merupakan upaya untuk 'mencegah (pesawat AS) agar tidak melanggar wilayah udara Federasi Rusia".

Pemerintah Rusia menambahkan begitu pesawat AS menjauh dari perbatasan, jet tempur negeri itu langsung kembali ke pangkalan.

Baca juga : Jet Rusia Terbang Rendah di Atas Gedung Putih, Pentagon, dan CIA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.