Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia Tempel Pesawat AS dalam Jarak 1,5 Meter

Kompas.com - 30/01/2018, 13:27 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur AU Rusia terbang sangat dekat dengan sebuah pesawat mata-mata Amerika Serikat di atas Laut Hitam.

Jarak antara pesawat tempur Rusia, Su-27 dan pesawat mata-mata AS jenis EP-3 amat dekat yaitu hanya 1,5 meter.

Angkatan Laut AS mengatakan, pesawat Rusia itu menempel pesawat AS selama lebih dari dua jam dalam insiden yang terjadi di wilayah udara internasional.

Kementerian pertahanan Rusia beralasan, tindakan pesawat mereka sesuai dengan ketentuan intrnasional tentang penggunaan wilayah udara.

Baca juga : Pesawat Jet Rusia Lakukan Manuver Berbahaya Terhadap Pesawat AS

Angkatan bersenjata Rusia dan NATO beroperasi di wilayah udara bersama, meskipun ketegangan meningkat sejak Rusia mencaplok Semenanjung Krimea pada 2014.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Angkatan Laut AS mengatakan jet tempur Rusia itu langsung melintas ke jalur penerbangan pesawat mata-mata AS.

"Rusia memiliki hak untuk terbang di wilayah udara internasional, tapi mereka harus berperilaku sesuai standar internasional yang disusun untuk menjamin keselamatan dan mencegah kecelakaan," demikian AL Amerika Serikat.

Di sisi lain, kementerian pertahanan Rusia mengatakan, jalur penerbangan pesawat tempurnya sudah sesuai dengan ketentuan internasional tentang penggunaan wilayah udara.

Kemenhan Rusia menambahkan perilaku pilotnya sama sekali tidak 'di luar standar' dan tindakan mereka merupakan upaya untuk 'mencegah (pesawat AS) agar tidak melanggar wilayah udara Federasi Rusia".

Pemerintah Rusia menambahkan begitu pesawat AS menjauh dari perbatasan, jet tempur negeri itu langsung kembali ke pangkalan.

Baca juga : Jet Rusia Terbang Rendah di Atas Gedung Putih, Pentagon, dan CIA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com