Kompas.com - 29/01/2018, 23:14 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyampaikan pada Senin (29/1/2018), Pyongyang telah membatalkan kesepakatan untuk penampilan pertunjukan budaya bersama saat Olimpiade Musim Dingin mendatang.

Kementerian menyebut telah menerima pemberitahuan dari Pyongyang terkait pembatalan tersebut.

"Dalam pemberitahuannya, Korea Utara mengatakan bahwa pers kami telah mendorong opini publik untuk menghina niat baik mereka dalam olimpiade di Pyeongchang, bahkan membawa masalah perayaan internal Korut."

"Atas pertimbangan tersebut, membuat Korea Utara tidak memiliki pilihan selain membatalkan acara yang telah disepakati," kata kementerian dikutip AFP.

Baca juga: Rombongan Pejabat Korea Selatan Survei Resor Ski di Korea Utara

Korea Utara bersama dengan Korea Selatan sebelumnya telah menyepakati sejumlah terkait penampilan Pyongyang di olimpiade mendatang.

Salah satunya, pertunjukan bersama antara kelompok orkestra dari Korea Utara akan tampil bersama artis dari Seoul di panggung di gunung Kumgang pada Minggu (4/2/2018) mendatang. Pertunjukkan bersama inilah yang kemudian dibatalkan.

Kore Utara juga telah menyetujui akan menurunkan tim gabungan dengan Korea Selatan untuk tim hoki es putri.

Kesepakatan tersebut mendapat penolakan dari masyarakat Korea Selatan dengan menyebut Seoul terlalu banyak memberikan konsesi kepada Pyongyang agar mereka bersedia tampil di olimipade.

Korea Utara juga berencana memajukan perayaan peringatan ulang tahun ke-70 militer mereka menjadi 8 Februari, atau sehari sebelum pembukaan olimpiade.

Foto satelit menunjukkan tentara dan kendaraan lapis baja Korut telah mulai latihan parade yang disebut untuk memamerkan kekuatan militer mereka.

Baca juga: Korea Utara Siap Kirim Grup Orkestra ke Olimpiade Pyeongchang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.