Kompas.com - 29/01/2018, 19:10 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KAMPALA, KOMPAS.com — Siapa bilang hewan tak memiliki naluri membantu sesamanya. Setidaknya hal itu terbukti di Taman Nasional Murchison Park, Uganda.

Seekor kuda nil tertangkap kamera tengah membantu seekor antelop yang terjebak di sungai dan hampir pasti akan menjadi santapan para buaya.

Kaki antelop itu bahkan sudah dicengkeram rahang buaya yang berusaha menariknya ke dasar sungai. Antelop itu berjuang demi nyawanya, dan setelah hampir 1 jam dia hampir menyerah.

Beruntung seekor kuda nil melintas di tempat itu dan memutuskan untuk membantu. Dengan lembut, kuda nil itu menarik dan akhirnya bisa membebaskan antelop itu dari cengkeraman buaya.

Baca juga: Puluhan Kuda Nil Keroyok Seekor Buaya di Taman Nasional Serengeti

Kejadian unik ini diabadikan pemandu wisata Brendan Simonsoin (25) yang kebetulan sedang memancing di Sungai Nil Putih saat menyaksikan peristiwa luar biasa tersebut.

Brendan mengatakan, dia tak melihat buaya itu dari permukaan air. Namun, dia yakin salah seekor dari buaya yang banyak hidup di sungai tersebut berusaha menarik si antelop ke dalam sungai.

Brendan mengatakan, peristiwa yang disaksikannya amat langka dan menakjubkan.

"Pemandu saya mengatakan, buaya menggigit kaki belakang antelop sehingga dia tak bisa berdiri," ujar Brendan.

"Kuda nil itu amat lembut saat mencoba membantu antelop yang malang tersebut," tambah dia.

"Menyaksikan kuda nil menyelamatkan hewan tak berdaya merupakan pengalaman luar biasa dan benar-benar membuat hati saya bahagia," kata Brendan.

Uniknya, setelah lolos dari jadi santap siang buaya, beberapa jam kemudian antelop yang sama terlihat berbaring di tepi sungai tak jauh dari seekor buaya yang sedang berjemur.

Baca juga: Lebih dari 100 Kuda Nil Ditemukan Mati Mengambang, Apa Penyebabnya?

Di berbagai sungai di Afrika, bentrokan antara kawanan kuda nil dan buaya amat sering terjadi.

Kuda nil dewasa kerap bersama-sama memburu para buaya. Sementara buaya biasanya mengincar anak-anak kuda nil.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.