Kompas.com - 27/01/2018, 13:48 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi dilaporkan membebaskan empat pengusaha yang ditahan sejak November 2017 karena kasus korupsi.

Diwartakan BBC Jumat (26/1/2018), dua di antara para pengusaha tersebut adalah sosok berpengaruh. Yakni Waleed al-Ibrahim dan Khalid al-Tuwaijiri.

Waleed adalah bos kanal televisi MBC. Sementara Khalid merupakan mantan ketua pengadilan Kerajaan Saudi.

Sementara Reuters via CNBC memberitakan, pengusaha lain adalah Fawaz Alhokair, dan mantan kepala dinas meteorologi dan perlindungan lingkungan Turki bin Nasser.

Sumber di internal pemerintah Saudi menyatakan, keempat pengusaha tersebut telah mencapai jaminan finansial meski tidak disebutkan berapa jumlahnya.

Baca juga : Uang Tebusan Tersangka Korupsi di Saudi Bakal Tembus Rp 1.300 Triliun

Namun, untuk Waleed, kesepakatan finansial tersebut menyerahkan sejumlah saham mayoritas MBC.

"Tuan Waleed telah dibebaskan, dan saat ini sudah bersama keluarganya di Riyadh," ujar Direktur Eksekutif MBC, Sam Barnett.

Jaksa Agung Saudi, Sheikh Saud al-Mojeb berujar, hingga Januari, lembaga anti-korupsi pimpinan putra mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah membebaskan 90 orang.

Ke-90 orang tersebut setelah menyerahkan jaminan finansial mulai dari uang, kasus gugur, hingga berbagai properti mereka.

"Masih ada 95 orang yang ditahan. Mereka bakal menjalani persidangan jika tidak menyerahkan jaminan kesepakatan," ujar Mojeb.

Halaman:
Sumber BBC,CNBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.