Kompas.com - 26/01/2018, 23:40 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah kuburan massal kembali ditemukan di wilayah Irak. Dalam satu liang yang ditemukan di wilayah provinsi Kirkuk, di utara Irak tersebut berisi sisa-sisa puluhan jenazah yang diduga milik warga sipil dan petugas keamanan.

Disampaikan gubenur Kirkuk Rakan Said al-Juburi kepada AFP, Jumat (26/1/2018), penemuan kuburan massal yang diduga korban kelompok ekstremis itu menjadi temuan ke-14 di kawasan itu.

"Penduduk lokal dan penunjuk jalan memimpin pasukan keamanan ke lokasi kuburan massal yang diduga berisi sisa-sisa jenazah lebih dari 75 warga sipil dan petugas keamanan," kata al-Juburi.

Baca juga: Dua Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Kota Raqa

Gubernur menambahkan, melihat jenazah para korban, diyakini mereka dieksekusi secara kejam oleh kelompok ekstremis yang menduduki wilayah Hawija.

Kota tersebut menjadi salah satu kota terakhir yang dikuasai kelompok ISIS sebelum direbut kembali oleh pasukan keamanan Irak pada tahun lalu.

Lokasi penemuan kuburan massal terletak di dekat desa Ryadh, sekitar 45 kilometer di barat kota Kirkuk. Mayoritas korban menunjukkan luka tembak di bagian kepala dan tangan terikat.

Warga yang salah satu anggota keluarga hilang khawatir salah satu jenazah tersebut adalah keluarga mereka.

Sejak diusirnya ISIS dari Irak, pasukan keamanan telah menemukan puluhan kuburan massal di berbagai wilayah Irak.

Baca juga: Paramiliter Irak Temukan 2 Kuburan Massal Korban ISIS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.