Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Beli 10 Pesawat Pembom Supersonik Canggih Seharga Rp 3,5 T

Kompas.com - 26/01/2018, 22:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia akan segera memiliki 10 pesawat pembom supersonik canggih setelah Presiden Vladimir Putin menyepakati kontrak pembelian senilai 15 miliar rubel (sekitar Rp 3,5 trliliun).

Menurut Putin, pembelian pesawat tempur itu bakal memperkuat kemampuan negara nuklir tersebut.

Dilansir dari The Independent, pesawat pembom strategis jenis TU-160M yang telah diperbarui itu dijadwalkan diantarkan ke Angkatan Udara Rusia antara saat ini sampai 2027 mendatang.

Pesawat yang mendapat julukan Blackjacks oleh NATO tersebut memiliki kemampuan melipat bagian sayapnya ke belakang untuk menambah kecepatan terbang.

Baca juga: Video Turbulensi Pesawat Rusia Jadi Viral, Penumpang Patah Tulang

"Pembelian ini menjadi langkah serius menuju pengembangan bidang teknologi canggih kita, serta akan memperkuat kemampuan pertahanan diri negara," kata Putin usai menyaksikan demonstrasi penerbangan pesawat pembom itu, Kamis (25/1/2018).

Sebagai pesawat pembom, TU-160M yang canggih itu mampu membawa hingga 12 misil jelajah atau 12 misil nuklir jarak dekat. Serta mampu terbang menempuh jarak 12.000 kilometer dalam sekali pengisian bahan bakar.

Pesawat yang diproduksi perusahaan kedirgantaraan Rusia, Tupolev tersebut diklaim 60 persen lebih efektif dibanding versi sebelumnya dengan perbaikan signifikan pada persenjataan, navigasi dan sistem penerbangannya.

Versi pesawat TU-160 yang sudah ada telah digunakan dalam misi pengeboman pasukan penentang Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Indonesia, Australia Waspada

Kepala Manufaktur Pabrik, Rinat Khamatov menyebut Rusia memang memerlukan versi modern dari pesawat pembom itu.

"Pesawat TU-160 adalah senjata pencegahan dan sangat bagus Rusia dapat mulai membuatnya lagi," kata dia.

Ke depan, Rusia juga akan membuat versi modern dari pesawat tanker II-78 yang dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat pembom TU-160, dan memungkinkan pesawat tersebut menjangkau setiap tempat di mana pun di bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com