Kompas.com - 25/01/2018, 18:48 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

NAYPYIDAWA, KOMPAS.com - Salah satu anggota Dewan Penasihat Negara Bagian Rakhine, Myanmar, Bill Richardson, dilaporkan mengundurkan diri.

Surat pengunduran diri Richardson dari dewan yang mengurus krisis Rohingya tersebut diposting oleh pakar hubungan internasional Belanda, Laetitia van den Assum, via Twitter.

Pengumuman tersebut terbilang mengejutkan. Pasalnya, Richardson merupakan teman dekat Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Associated Press via The Independent melaporkan Kamis (25/1/2018), politisi asal Amerika Serikat (AS) itu keluar karena kecewa dengan Suu Kyi.

Dalam suratnya, Richardson mengatakan dia merasa pembentukan dewan tersebut hanya perpanjangan tangan kebijakan sepihak Suu Kyi semata.

Baca juga : Pemulangan Pengungsi Rohingya Tertunda, Myanmar Salahkan Bangladesh

Politisi Amerika Serikat (AS) itu menyebut pelanggaran HAM, keamanan, kewarganegaraan, maupun perdamaian tidak dihiraukan oleh Suu Kyi.

Selain itu, peraih Nobel Perdamaian 1991 itu mengatakan, masalah Rohingya menjadi sangat rumit karena adanya campur tangan asing.

Suu Kyi menyalahkan PBB, media asing, maupun organisasi pembela HAM atas masalah di Rakhine.

Namun, yang membuat Richardson sangat kecewa adalah momen penahanan dua jurnalis Reuters, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo pada 12 Desember 2017.

Mereka dituduh melanggar hukum kerahasiaan nasional dengan secara ilegal memperoleh informasi, dan membaginya kepada media lain secara sengaja.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.