Kompas.com - 24/01/2018, 14:14 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

OKINAWA, KOMPAS.com - Helikopter militer AS kembali dilaporkan melakukan pendaratan darurat di sebuah pulau terpencil di dekat Okinawa, Jepang, pada Selasa (23/1/2018). Insiden itu semakin memperburuk hubungan militer AS dengan penduduk lokal.

Helikopter milik angkatan udara AS itu dilaporkan mendarat darurat di pulau Tonaki, sekitar 60 kilometer di barat Okinawa. Belum ada laporan mengenai korban cedera maupun kerusakan yang ditimbulkan.

Seringnya terjadi insiden yang melibatkan kendaraan udara militer AS di markas militer AS di Okinawa menjadi sorotan pemerintah Jepang.

Insiden yang melibatkan armada udara AS di Jepang selama tahun 2017 mengalami peningkatan. Kementerian Pertahanan Jepang mencatat ada sebanyak 25 insiden. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2016 yang tercatat sebanyak 11 insiden.

Baca juga: Helikopter Militer AS Dua Kali Mendarat Darurat di Okinawa

Namun laporan dari Kepala Komando Pasifik AS, Laksamana Harry Harris mengatakan jumlah insiden pada 2017 lalu telah berkurang.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, (kecelakaan) justru meningkat," kata Menteri Pertahanan Itsunori Onodera.

Terlebih di awal Januari 2018, sudah dua kali terjadi pendaratan darurat yang dilakukan helikopter AS di Okinawa. Meski tidak timbul korban maupun kerusakan.

Pada awal Januari, Menteri Pertahanan AS James Mattis juga menyampaikan permohonan maaf kepada Jepang atas serangkaian insiden itu.

Angkatan udara AS memiliki pangkalan militer di Futenma, yang menjadi rumah bagi 47.000 tentara AS.

Namun belakangan muncul rencana untuk memindahkan pangkalan militer AS yang saat ini berada di kawasan Ginowan yang padat penduduk ke wilayah Henoko yang lebih jarang.

Baca juga: Militer AS Sampaikan Permohonan Maaf pada Jepang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.