Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi AS Bunuh 150 Pejuang ISIS di Suriah

Kompas.com - 24/01/2018, 09:08 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


DAMASKUS, KOMPAS.com - Koalisi pimpinan Amerika Serikat yang melawan kelompok negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan telah membunuh sedikitnya 150 anggota militan dalam serangan di lembah sungai Efrat, Suriah.

"Serangan presisi menjadi puncak dari persiapan intelijen untuk mengkonfirmasi markas ISIS dan pusat komando serta kontrol di lokasi yang didukui ISIS di lembah sungai Efrat," tulis pernyataan koalisi tersebut, Selasa (23/1/2018).

Serangan tersebut terjadi di dekat As Shafah. Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS (SDF) membantu dalam pengamatan target.

Baca juga : Berencana Bunuh Biksu, WNI Terduga ISIS Ditangkap di Malaysia

"Kombinasi inteligensi dan pengamatan terus menerus pada target," bunyi pernyataan tersebut.

Serangan yang dilakukan pada Sabtu (20/1/2018) tersebut terjadi ketika AS mendesak Turki untuk menahan diri melawan pasukan Kurdi di sebelah utara Suriah dan fokus memerangi ISIS.

Sebelumnya, pada Selasa (16/1/2018), Turki mengklaim telah membunuh 260 pejuang Kurdi dan ISIS dalam serangan yang berlangsung selama empat hari.

Baca juga : Perempuan Diduga Pengantin ISIS Ditahan di Bandara Inggris

AS telah memberi isyarat untuk menghadirkan militer secara terbuka di Suriah sebagai bagian dari strategi mencegah kebangkitan ISIS.

"Mitra SDF kami masih berjuang untuk membuat kemajuan dan pengorbanan setiap hari, bersama-sama kami berupaya menemukan, menargetkan, dan membunuh teroris ISIS yang berniat menjaga ekstremis di wilayah tersebut," ujar Mayor Jenderal James Jarrad, kepala koalisi AS di Suriah dan Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com