Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Pejabat Korut Tiba di Korsel, Periksa Panggung Jelang Olimpiade

Kompas.com - 21/01/2018, 16:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Tujuh pejabat Korea Utara kembali tiba di Korea Selatan, pada Minggu (21/1/2018). Kedatangan delegasi dari Pyongyang tersebut dalam rangka persiapan menjelang pesta olahraga Olimpiade Musim Dingin bulan depan.

Kedatangan delegasi Korut yang dipimpin ketua kelompok musik Moranbong, Hyon Song Wol tersebut ingin memeriksa panggung yang akan digunakan untuk penampilan pertunjukkan mereka nantinya.

Kedua negara Korea telah menyepakati sejumlah hal dalam olimpiade mendatang. Selain Korea Utara yang dipastikan kembali mengirimkan atletnya, mereka juga sepakat akan menampilkan pertunjukan orkestra selama olimpiade.

Baca juga: Korea Utara Siap Kirim Grup Orkestra ke Olimpiade Pyeongchang

Rombongan delegasi berangkat dari utara melewati perbatasan menggunakan bus menuju stasiun Seoul. Setibanya di Seoul, rombongan delegasi dikawal ratusan petugas polisi ibu kota.

Mereka akan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta ke kota Gangneung, yang akan menjadi salah satu venue pertunjukkan musik saat olimpiade.

Hyon Song Wol, yang juga merupakan penyanyi ternama di Korea Utara dan memimpin kelompok orkestra Samjiyon, bersama delegasi akan berada di Korea Selatan selama dua hari.

Kunjungan tersebut juga menjadi yang pertama dilakukan pejabat Pyongyang ke Korea Selatan sejak terpilihnya Presiden Moon Jae-in akhir Mei 2017 lalu.

Kelompok orkestra Korea Utara itu akan menggelar dua pertunjukkan, yakni di ibukota Seoul dan di Gangneung, selama Olimpiade.

Sebelumnya, pada Sabtu (20/1/2018), Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menggelar pertemuan dengan kedua negara Korea dan sepakat dengan jumlah 22 atlet yang akan dikirim Pyongyang.

Baca juga: Di Pembukaan Olimpiade, Korut-Korsel Gunakan Bendera Persatuan

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk berjalan bersama dalam konvoi di upacara pembukaan di bawah bendera unifikasi Korea. Serta menggabung tim hoki es putri, yang sebenarnya mendapat cukup banyak penolakan, terutama dari masyarakat Korsel.

Para atlet ski Korsel juga akan menjalani latihan bersama di resor ski Masikryong milik Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com