Kompas.com - 20/01/2018, 21:00 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

REYHANLI, KOMPAS.com - Panglima militer dan kepala intelijen Turki dilaporkan terbang ke Rusia Kamis (18/1/2018) waktu setempat.

Diwartakan AFP Sabtu (20/1/2018), kepergian dua pejabat tersebut mempunyai agenda untuk menginformasikan rencana mereka menyerang Afrin.

Afrin, yang terletak utara Suriah dan didominasi oleh Suku Kurdi, dituduh Turki sebagai sarang teroris.

Tuduhan itu merujuk kepada adanya dua organisasi milik Kurdi Suriah. Yakni paramiliter Unit Perlindungan Rakyat (YPG), dan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Dua kelompok tersebut ditengarai sering menimbulkan aksi teror di negara pimpinan Recep Tayyip Erdogan tersebut.

Baca juga : Suriah Ancam Hancurkan Jet Tempur Turki jika Serang Wilayahnya

Adapun seperti diberitakan AFP, dua pejabat tersebut adalah Jenderal Hulusi Akar dan Hakan Fidan.

Direktur lembaga konsultan MENA, Verisk Maplecroft menyatakan, kedua pejabat itu mempunyai misi untuk mendapat "restu" Rusia.

Sebab, kata Maplecroft, Rusia mempunyai pangkalan militer di Afrin. Selain itu, Afrin merupakan wilayah Suriah yang notabene adalah sekutu dekat Rusia di Timur Tengah.

Moskwa juga dilaporkan mempunyai hubungan dengan YPG yang menjadi salah satu kekuatan utama paramiliter Suriah ketika memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Turki tidak akan menyerang Afrin baik dari darat maupun udara sebelum menerima persetujuan dari Rusia," terang Maplecroft.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.