Pria 80 Tahun Ditangkap Usai Merampok Bank di Arizona

Kompas.com - 19/01/2018, 20:26 WIB
Robert Francis Krebs (80), perampok bank berusia lanjut.Tucson Police Department/Al Arabiya Robert Francis Krebs (80), perampok bank berusia lanjut.

PHOENIX, KOMPAS.com - Seorang pria kurus dan berkacamata memasuki sebuah bank di kota Tucson, Arizona, AS sambil membawa sepucuk pistol.

Pria itu kemudian menodong kasir dan meminta sejumlah uang. Setelah memperoleh uang, pria kurus itu meninggalkan bank sambil berjalan kaki.

Polisi mengatakan, perampokan bank yang terjadi di bank Pyramid Federal Credit Union pada Jumat pekan lalu itu merupakan perampokan yang amat unik.

Sebab, si pelaku perampokan yang tertangkap sehari setelahnya adalah seorang pria tua berusia 80 tahun.

Baca juga : Polisi China Ringkus Perampok Bank yang Menyamar Jadi Pengusaha Properti

Dan setelah diperiksa, Robert Francis Krebs, nama pelaku perampokan, memiliki catatan panjang tindak kriminal selama beberapa dekade terakhir.

Salah satu aksinya adalah perampokan di Florida pada 1981 di mana Krebs memborgol manajer dan kasir bank lalu meninggalkan mereka di ruang penyimpanan uang bank.

Krebs ternyata sudah menjalani hukuman penjara yang jika ditotal lebih dari 30 tahun berbagai dalam kasus salah satunya perampokan bank di dekat Orlando, Florida.

Dia juga menjadi terpidana dalam kasus penggelapan uang sebesar 72.000 dolar AS atau sekitar Rp 960 juta saat dia bekerja sebagai kasir.

Dia juga menjalani hukuman penjara untuk berbagai kasus pencurian dan perampokan bersenjata di Arizona sejak 1980-an.

Krebs baru dibebaskan dari penjara di Florida pada musim panas tahun lalu dan sejak saat itu diketahui terus melanggar pembebasan bersyaratnya karena tidak memberitahukan alamat tempat tinggalnya kepada aparat hukum.

Juru bicara kepolisian Tucson, Chris Hawkins mengatakan, para penyidik kini berusaha mengungkap motif perampokan yang dilakukannya pekan lalu.

William J Rehder, seorang pensiunan FBI spesialis kasus perampokan bank, mengatakan bahwa amat tak lazim orang berusia lanjut melakukan perampokan bank.

Biasanya, menurut Rehder, para perampok bank rata-rata berusia 20-an tahun.

Halaman:


EditorErvan Hardoko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X