Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria 80 Tahun Ditangkap Usai Merampok Bank di Arizona

Kompas.com - 19/01/2018, 20:26 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

PHOENIX, KOMPAS.com - Seorang pria kurus dan berkacamata memasuki sebuah bank di kota Tucson, Arizona, AS sambil membawa sepucuk pistol.

Pria itu kemudian menodong kasir dan meminta sejumlah uang. Setelah memperoleh uang, pria kurus itu meninggalkan bank sambil berjalan kaki.

Polisi mengatakan, perampokan bank yang terjadi di bank Pyramid Federal Credit Union pada Jumat pekan lalu itu merupakan perampokan yang amat unik.

Sebab, si pelaku perampokan yang tertangkap sehari setelahnya adalah seorang pria tua berusia 80 tahun.

Baca juga : Polisi China Ringkus Perampok Bank yang Menyamar Jadi Pengusaha Properti

Dan setelah diperiksa, Robert Francis Krebs, nama pelaku perampokan, memiliki catatan panjang tindak kriminal selama beberapa dekade terakhir.

Salah satu aksinya adalah perampokan di Florida pada 1981 di mana Krebs memborgol manajer dan kasir bank lalu meninggalkan mereka di ruang penyimpanan uang bank.

Krebs ternyata sudah menjalani hukuman penjara yang jika ditotal lebih dari 30 tahun berbagai dalam kasus salah satunya perampokan bank di dekat Orlando, Florida.

Dia juga menjadi terpidana dalam kasus penggelapan uang sebesar 72.000 dolar AS atau sekitar Rp 960 juta saat dia bekerja sebagai kasir.

Dia juga menjalani hukuman penjara untuk berbagai kasus pencurian dan perampokan bersenjata di Arizona sejak 1980-an.

Krebs baru dibebaskan dari penjara di Florida pada musim panas tahun lalu dan sejak saat itu diketahui terus melanggar pembebasan bersyaratnya karena tidak memberitahukan alamat tempat tinggalnya kepada aparat hukum.

Juru bicara kepolisian Tucson, Chris Hawkins mengatakan, para penyidik kini berusaha mengungkap motif perampokan yang dilakukannya pekan lalu.

William J Rehder, seorang pensiunan FBI spesialis kasus perampokan bank, mengatakan bahwa amat tak lazim orang berusia lanjut melakukan perampokan bank.

Biasanya, menurut Rehder, para perampok bank rata-rata berusia 20-an tahun.

Rehder menyebut ada dua kemungkinan motif yang membuat Krebs kembali merampok yaitu dia "kangen" ketegangan saat beraksi dan dia membutuhkan uang.

Sebab, dalam usianya yang sudah berkepala delapan dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di penjara, amat sulit bagi Krebs mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya.

Halaman:
Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com