Kompas.com - 19/01/2018, 15:11 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Organisasi Human Right Watch (HRW), Kamis (18/1/2018) menuding Arab Saudi melanggar hukum internasional di Yaman serta menindas para aktivis yang menyuarakan reformasi.

Dalam laporan yang mengulas praktik HAM di lebih dari 90 negara, HRW mencatat sebanyak 87 serangan koalisi pimpinan Saudi di Yaman yang melanggar hukum dan menewaskan hampir 1.000 warga sipil.

Koalisi pimpinan Saudi membantu pemerintah Yaman yang diakui dunia internasional mencoba mengusir milisi Houthi yang didukung Iran dari wilayah utara Yaman.

Koalisi Saudi berulang kali membantah telah melakukan kejahatan perang dan semua serangan yang dilakukannya selalu diarahkan terhadap Houthi bukan warga sipil.

Baca juga : HRW: Irak Kirim Keluarga Anggota ISIS ke Kamp Rehabilitasi

Sebuah pernyataan juru bicara koalisi Saudi merespon laporan HRW itu dan menyebut "tak adil" jika kondisi kemanusiaan di Yaman disebut sebagai kesalahan Arab Saudi.

Sang juru bicara menambahkan, koalisi sudah menciptkan sebuah mekanisme pengawasan yang memastikan bahwa semua serangan tidak akan mengincar warga sipil.

"Kerajaan Arab Saudi telah memberikan bantuan sebesar 8 juta dolar AS untuk Yaman dari 2015-2017. Dan pada Rabu lalu, Saudi mendepositokan 2 miliar dolar AS ke bank sentral Yaman," demikian pernyataan koalisi Saudi.

"Pengiriman uang itu adalah upaya untuk mendongkrak situasi keuangan dan perekonomian Yaman sambil memperkuat mata uang riyal Yaman untuk meningkatkan taraf hidup rakyat," masih pernyataan koalisi.

Sementara itu, HRW juga menyoroti sepak terjang Pangeran Mohammed bin Salman yang mendorong agenda reformasi yang disebut Visi 2030 untuk mengurangi ketergantungan Saudi terhadap minyak bumi dan mendorong perubahan sosial.

Pekan lalu, perempuan Saudi untuk pertama kali sudah diizinkan menyaksikan laga sepak bola di stadion.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.