Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Pengangkatan Pesawat Turki yang Nyaris Jatuh ke Laut

Kompas.com - 19/01/2018, 11:18 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


TRABZON, KOMPAS.com - Para ahli di Turki dengan menggunakan dua crane sukses mengangkat badan pesawat penumpang yang tergelincir dari landasan pacu dan nyaris jatuh ke laut, di bandara Trabzon.

Pada Kamis (18/1/2018), pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Pegasus Airlines mendarat secara normal pada Sabtu (13/1/2018) malam  setelah terbang dari Ankara.

Namun, pesawat yang membawa 162 penumpang itu tergelincir hingga melewati batas landasan dan berhenti di tepian Laut Hitam, beberapa meter dari garis laut.

Sejak insiden tersebut, burung besi itu tetap berada di lereng curam di dekat bandara selama empat hari, dengan hidungnya yang menahan gravitasi di area berlumpur.

Baca juga : Keajaiban di Trabzon, Semua Penumpang dan Kru Pesawat Turki Selamat

Selama operasi pengangkatan berlangsung, otoritas Turki menutup semua lalu lintas penerbangan di bandara Trabzon. Penerbangan dialihkan ke bandara terdekat, Ordu-Giresun.

Otoritas Turki mengirim dua crane dari Ankara dan Samsun untuk mengangkat badan pesawat dan berlangsung total selama 11 jam.

Para ahli mengikat kabel di sekeliling sayap pesawat seperti membentuk sebuah ayunan.

Kemudian, mereka mengangkatnya dengan crane dalam dua operasi jam yang sangat rumit, sebelum membuat posisinya menjadi horisontal sehingga dapat dipindahkan tanpa kerusakan lanjutan.

Detik-detik pengangkatan badan pesawat Turki milik Pegasus Airlines. (Aytekin Kalender/Dogan News Agency/AFP) Detik-detik pengangkatan badan pesawat Turki milik Pegasus Airlines. (Aytekin Kalender/Dogan News Agency/AFP)

Kerumunan orang di sekeliling badan pesawat nampak kegirangan. Tak hanya itu, mereka yang melihat operasi pengangkatan pesawat dari luar pagar bandara dan di kapal-kapal laut juga gembira menyambut keberhasilan tersebut.

Selanjutnya, bahan bakar di dalam pesawat harus dikosongkan dan dibawa ke hangar, di mana barang-barang milik penumpang akan dikeluarkan.

Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dalam peristiwa itu. Salah satu penumpang menyebutnya sebagai keajaiban karena tak ada korban jiwa dan pesawat tidak masuk ke laut.

Pilot pesawat mengaku mengalami lonjakan mendadak dari salah satu mesin saat menyentuh landasan pacu.

Hingga kini, belum ada rincian resmi penyebab teknis tergelincirnya Pegasus Airlines, meskipun di foto yang beredar terlihat salah satu mesin lepas dan jatuh ke laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com