Kompas.com - 17/01/2018, 18:24 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah lembaga survei melansir data tingkat kepuasan publik Amerika Serikat (AS) terhadap Donald Trump jelang setahun dia menjabat.

Lembaga Survei Gallup menyatakan, tingkat kepuasan publik kepada Trump sepanjang 2017 hanya mencapai 39 persen.

The Independent melaporkan Selasa (16/1/2018), data tersebut membuat Trump menjadi presiden dengan tingkat kepuasan publik terendah sepanjang sejarah AS.

Baca juga : Trump Bekukan Sumbangan Rp 865 miliar untuk Rakyat Palestina

Trump berada di belakang mantan Presiden Bill Clinton, yang mengakhiri setahun pertama dengan kepuasan mencapai 49 persen.

"Angka ini muncul setelah kebijakan yang diutarakan Trump banyak dikritik masyarakat," ujar The Independent dalam reportasenya.

Selain itu, publik AS ragu dengan Trump pasca-beredar buku berjudul Fire and Fury: Inside the Trump White House Rabu (3/1/2018).

Buku tersebut mengisahkan sosok Trump di mata pegawai Gedung Putih sebagai sosok yang tidak sabar, tidak bisa fokus, selalu mengulang hal yang sama, dan mengoceh tanpa ujung pangkal.

Namun, lanjut Gallup, Trump mendapat tempat di hati partai pendukungnya, Partai Republik.

Dalam poling, tercatat 83 persen pendukung Republik mengaku puas dengan kinerja Trump dalam setahun pertama.

Lembaga survei lain, Quinnipiac, melansir data bahwa 37 persen warga AS mengaku presiden 71 tahun tersebut telah membantu memulihkan ekonomi.

Baca juga : Mayoritas Anggota Partai Republik Puas dengan Kinerja Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.