Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Desember, Matahari Hanya Bersinar 6 Menit di Moskwa

Kompas.com - 17/01/2018, 16:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

MOSKWA, KOMPAS.com - Musim dingin di Rusia sudah dikenal sebagai salah satu yang terburuk di dunia. Selain suhu yang amat dingin, kegelapan menyelimuti hampir sepanjang hari.

Tahun lalu, Moskwa mengalami bulan Desember paling gelap dengan hanya menikmati enam menit sinar matahari di sepanjang bulan kedua belas tersebut.

Di tahun-tahun sebelumnya, setidaknya Moskwa menikmati satu jam sinar matahari di bulan pengujung itu. Namun, durasi matahari bersinar menurun drastis tahun lalu.

Stasiun meteorologi di Universitas Moskwa melaporkan, sepanjang Desember itu, matahari hanya bersinar selama 6-7 menit. Demikian dikabarkan kantor berita TASS.

Baca juga : Tempat Terdingin di Dunia Berpenduduk 500 Jiwa, di Manakah Itu?

Sebelumnya, Desember tergelap di Moskwa tercatat pada 2000 ketika matahari bersinar hanya tiga jam selama 30 hari.

Menurut Roman Vilfand, kepala Pusat Meteorologi Rusia, meski demikian secara umum cuaca Moskwa sepanjang Desember cukup baik karena masih "lebih panas" dibanding suhu rata-rata di berbagai lokasi.

Misalnya suhu di kawasan kaya berlian Yakutia, pada Selasa (16/1/2018) anjlok hingga -67 derajat Celcius.

Di kawasan yang berjarak sekitar 5.300 kilometer sebelah timur Mokswa itu suhu rata-rata adalah -40 derajat Celcius. Dalam suhu itu, anak-anak setempat masih berangkat ke sekolah.

Di desa Omyakon, stasiun televisi pemerintah memperlihatkan, air raksa di dalam termometer sudah berada di titik paling dasar yang hanya dirancang mengukur suhu hingga -50 derajat Celcius.

Suhu di desa terdingin di dunia ini memang amat menusuk tulang, bahkan termometer elektronik terbaru pun pecah setelah mencatat suhu -62 derajat Celcius.

Baca juga : Warga AS Hadapi Suhu Terdingin Sepanjang Sejarah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com