Kompas.com - 15/01/2018, 20:11 WIB
|
EditorErvan Hardoko

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Senin (15/1/2018), menyebut dunia sudah berdiri di ambang perang nuklir dan kondisi itu menakutkannya.

Pernyataan ini disampaikan Paus Fransiskus di atas pesawat yang membawanya ke Chile dan Peru untuk melakukan kunjungan resmi.

Hal ini juga disampaikan Paus sehari setelah peringatan yang salah tentang serangan misil balistik membuat kepanikan di Hawaii.

"Saya kira kita sudah ada di ambang perang nuklir. Saya amat menakutkan hal ini. Satu kecelakaan saja cukup untuk memicunya," ujar Paus Fransiskus.

Baca juga : Paus Fransiskus Sebut Senjata Nuklir sebagai Hal Irasional

Pemimpin Gereja Katolik sedunia itu menunjukkan kepara jurnalis yang mengikuti perjalanannya sederet foto yang diambil pada 1945.

Dalam foto itu terlihat seorang anak laki-laki Jepang tengah membawa jenazah saudaranya yang tewas akibat bom atom yang dijatuhkan AS di Nagasaki.

Di belakang foto itu Paus Fransiskus menuliskan sebuah kalimat pendek: "Buah dari perang."

"Saya ingin mencetak dan mendistribusikan foto ini. Sebab, foto semacam ini lebih kuat dari ribuan kata-kata. Itulah sebabnya saya ingin membaginya dengan kalian," ujar Paus berusia 81 tahun itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.