Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Khawatir Dunia di Ambang Perang Nuklir

Kompas.com - 15/01/2018, 20:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Senin (15/1/2018), menyebut dunia sudah berdiri di ambang perang nuklir dan kondisi itu menakutkannya.

Pernyataan ini disampaikan Paus Fransiskus di atas pesawat yang membawanya ke Chile dan Peru untuk melakukan kunjungan resmi.

Hal ini juga disampaikan Paus sehari setelah peringatan yang salah tentang serangan misil balistik membuat kepanikan di Hawaii.

"Saya kira kita sudah ada di ambang perang nuklir. Saya amat menakutkan hal ini. Satu kecelakaan saja cukup untuk memicunya," ujar Paus Fransiskus.

Baca juga : Paus Fransiskus Sebut Senjata Nuklir sebagai Hal Irasional

Pemimpin Gereja Katolik sedunia itu menunjukkan kepara jurnalis yang mengikuti perjalanannya sederet foto yang diambil pada 1945.

Dalam foto itu terlihat seorang anak laki-laki Jepang tengah membawa jenazah saudaranya yang tewas akibat bom atom yang dijatuhkan AS di Nagasaki.

Di belakang foto itu Paus Fransiskus menuliskan sebuah kalimat pendek: "Buah dari perang."

"Saya ingin mencetak dan mendistribusikan foto ini. Sebab, foto semacam ini lebih kuat dari ribuan kata-kata. Itulah sebabnya saya ingin membaginya dengan kalian," ujar Paus berusia 81 tahun itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com