Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Menlu AS: Kim Jong Un Cukup Cerdas

Kompas.com - 15/01/2018, 08:43 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice berpendapat, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jauh lebih cerdas dari yang dianggap banyak orang selama ini.

Rice, yang menjabat menlu di. masa pemerintahan Presiden George W Bush, menyampaikan pendapat ini dalam wawancara dengan jurnalis CNN David Axelrod dalam program The Axe Files pada Sabtu (13/1/2018) malam.

"Pendekatannya terhadap Korea Selatan amat cerdas, keputusannya untuk memberangkatkan kontingen ke Olimpiade musim dingin amat cerdas," ujar Rice.

Dia menambahkan, keputusan Kim Jong Un menggelar pertemuan dengan Korea Selatan disebut bisa menurunkan ketegangan kedua negara.

Baca juga : Kim Jong Un Ingin Tampilkan Girlband Korut di Olimpiade Musim Dingin

"Saya kira dia lebih terisolasi dibandingkan ayahnya. Mungkin hanya lebih ceroboh. Saya pikir kepercayaannya bisa menghancurkan AS lebih karena orang di sekitarnya hanya mengatakan hal-hal yang ingin didengarnya," tambah Rice.

Dalam wawancara itu, Rice juga dimintai pendapat soal pernyataan Presiden Donald Trump lewat Twitter yang menyebut tombol nuklir miliknya lebih besar dibanding milik Kim Jong Un.

Pernyataan ini disampaikan Trump membalas ancaman Kim Jong Un terkait kemampuan Korea Utara menembakkan misil nuklir ke wilayah Amerika Serikat.

Menurut Rice, saling berbalas ancaman lewat Twitter semacam itu tidak akan membantu menyelesaikan masalah.

"Saya bukan penggemar Twitter dan (menyampaikan) kebijakan lewat Twitter. Saya bukan penggemar hal semacam itu. Dan hal semacam itu tak layak dibahas di media," tambah Rice.

"Namun perang nuklir adalah hal yang amat serius," timpal Axelrod menanggapi pendapat Rice.

"Ya, perang nuklir adalah hal yang amat serius, tetapi banyak orang akan berpendapat kita (AS) akan menggelar perang nuklir melawan Korea Utara hanya karena kicauan Presiden," dia menegaskan.

Baca juga : Jenderal Korsel: Kim Jong Un Dilindungi 1.000 Pilot Kamikaze

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com