Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di London Larang Siswi di Bawah Delapan Tahun Kenakan Hijab

Kompas.com - 15/01/2018, 05:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Arab News

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah sekolah dasar unggulan di Inggris mengeluarkan aturan yang melarang siswi di bawah usia delapan tahun mengenakan hijab.

Sekolah dasar St Stephen di timur kota London, di pinggiran Newham ini juga melarang murid-muridnya di usia delapan dan sembilan tahun untuk berpuasa selama jam sekolah.

Sejumlah orang tua siswa pun merasa keberatan dengan aturan yang melarang anak mereka berpuasa. Namun sekolah menyebut hanya membatasi dan bukan melarang.

"Kami tidak melarang puasa sepenuhnya, tapi kami menyarankan pada siswa untuk berpuasa saat hari libur sekolah atau akhir pekan dan tidak saat di sekolah," kata Ketua Dewan Sekolah Arif Qawi.

Baca juga: Universitas Amerika di Mesir Cabut Larangan Cadar di Kampus

"Kami bertanggung jawab terhadap kesehatan dan keselamatan mereka seandainya mereka pingsan saat di sekolah. Hal itu menjadi tidak adil untuk pihak sekolah," tambahnya.

Sekolah menyebut sejumlah siswa Muslim mereka telah mulai berpuasa ketika mereka masih berusia delapan tahun.

Sementara beberapa ulama menyarankan agar anak mulai belajar berpuasa saat mereka telah meranjak remaja.

"Kami hanya melihatnya sebagai hal yang kurang tepat dan itu wajar," tambahnya dilansir dari Arab News.

Menurut Qawi, pemerintah seharusnya mengambil tindakan dalam permasalahan ini dan memberi tahu semua sekolah cara yang seharusnya.

"Hal yang sama dengan hijab. Seharusnya itu tidak menjadi keputusan kami. Tidak adil bagi guru dan juga pemerintah. Kami tidak mendapat bayaran, kenapa kami yang harus mendapat balasan,"

Namun pernyataan dari Departemen Pendidikan justru bertolak belakang. Mereka menyampaikan, persoalan seragam dan juga ibadah di bulan Ramadan sepenuhnya menjadi wewenang sekolah.

Baca juga: Pemerintah Norwegia Gagas Larangan Burka di SD hingga Universitas

"Hal itu menjadi urusan masing-masing sekolah untuk memutuskan bagaimana mereka mengakomodasi siswa mereka selama bulan Ramadan."

"Begitu pula terkait kebijakan seragam. Kami telah memberikan panduan yang jelas terkait hal ini dan membantu sekolah memahami tugas mereka di bawah Undang-undang Kesetaraan," kata juru bicara Departemen Pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com