Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Minyak Iran Terbakar di China, Diyakini Tak Ada Korban Selamat

Kompas.com - 14/01/2018, 21:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Kapal tanker milik Iran yang terbakar usai bertabrakan dengan kapal kargo Hong Kong di perairan China pada Sabtu (6/1/2018) akhirnya tenggelam, Minggu (14/1/2018). Api membakar habis badan kapal sebelum akhirnya tenggelam.

Seorang pejabat Iran mengatakan, besarnya api yang membakar badan kapal dikhawatirkan tidak memberi peluang adanya korban selamat.

Kapal tanker berbendera Iran yang terbakar terdaftar dengan nama Sanchi itu membawa 32 awak kapal dan mengangkut 136.000 ton minyak mentah ringan dari Iran.

Kebakaran di kapal tersebut terjadi setelah bertabrakan dengan kapal kargo CF Crystal yang terdaftar di Hong Kong, pada tanggal 6 Januari 2018.

Baca juga: Kapal Tanker & Kargo Tabrakan di Pantai Timur China, 32 ABK Hilang

Api yang membakar kapal semakin membesar pada tengah hari hingga menimbulkan asap yang membumbung tinggi hingga 1.000 meter. Dilaporkan Badan Kelautan Negara China, kapal tersebut akhirnya tenggelam.

"Tidak ada harapan bisa ditemukan korban selamat dalam insiden ini," kata Mohammad Rastad, juru bicara tim penyelamat Iran yang dikirim ke Shanghai dikutip AFP.

Rastad mengatakan, informasi dari anggota kru kapal kargo Crystal menyebut kemungkinan besar seluruh kru kapal tanker Sanchi sudah tewas satu jam setelah tabrakan karena ledakan dan juga keracunan gas.

"Terlepas dari usaha kami, tidak mungkin memadamkan api dan menemukan jenazah kru kapal akibat ledakan yang terus terjadi dan juga kebocoran gas," katanya.

Kapal tanker Sanchi sedang dalam perjalanan menuju ke Korea Selatan untuk mengirimkan minyak mentah.

Para awak kapal kebanyakan warga Iran dan dua warga Bangladesh. Hingga kini baru tiga jenazah yang telah ditemukan.

Baca juga: Jenazah Ditemukan di Dekat Kapal Tanker yang Terbakar Setelah Tabrakan

Laporan dari Kementerian Transportasi China menyebutkan pada Sabtu (13/1/2018) kotak hitam kapal telah ditemukan. Namun tidak dijelaskan bagaimana benda tersebut bisa diambil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com