Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Pusat Komunitas di Portugal Terbakar, Delapan Tewas

Kompas.com - 14/01/2018, 20:43 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LISBON, KOMPAS.com - Kebakaran melanda sebuah gedung pusat komunitas di kota Tondela, utara Portugal, Sabtu (13/1/2018) malam waktu setempat.

Saat kebakaran terjadi, sebanyak 60 hingga 70 warga tengah berkumpul di gedung tersebut, menghadiri sebuah acara komunitas.

Akibatnya, setidaknya delapan orang dilaporkan meninggal dunia, sementara 38 lainnya mengalami luka dengan sembilan di antaranya luka serius.

"Korban luka serius langsung diterbangkan menggunakan helikopter ke rumah sakit di Porto dan Lisbon," kata Kepala Unit Tanggap Darurat Carlos Pereira kepada AFP, Minggu (14/1/2018).

Baca juga: Menara Trump di New York Kebakaran, 3 Orang Terluka

Salah satu korban selamat, Julio Dias mengatakan, kebakaran terjadi dengan cepat. Menyebabkan kepanikan yang berakibat evakuasi tidak berjalan lancar.

"Api menyebar sangat cepat. Tidak sampai lima menit seluruh lantai sudah terbakar. Orang-orang panik dan berebut keluar," kata dia pada surat kabar lokal Publico.

Petugas pemadam kebakaran tiba beberapa menit setelahnya dan langsung membuka paksa pintu menggunakan tali yang ditarik oleh kendaraan.

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa mendatangi lokasi kejadian pada Minggu (14/1/2018).

Wali kota setempat Jose Antonio Jesus mengatakan, api yang membakar gedung diduga berasal dari ledakan di sebuah tungku pembakaran kayu, yang melepaskan "jumlah besar" karbon monoksida. Api dapat dikendalikan setelah satu jam.

Baca juga: Kebakaran, Seorang Ibu Ditemukan Hangus dengan Tangan Memeluk Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com