Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Memorial Putri Diana Bakal Dipindah dari Mal Mewah di London

Kompas.com - 14/01/2018, 16:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah patung perunggu untuk mengenang mendiang Putri Diana dan kekasihnya Dodi Al Fayed, akan dipindahkan dari sebuah pusat perbelanjaan mewah di Inggris.

Patung pasangan kekasih yang tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris itu telah dipasang di mal mewah, Harrods sejak 2005. Berbentuk sosok Putri Diana dan Dodi Al Fayed yang tengah melepaskan seekor burung.

Pemasangan patung itu atas permintaan Mohammed Al Fayed, pemilik pusat perbelanjaan yang juga ayah dari kekasih mendiang putri Diana yang turut serta menjadi korban dalam kecelakaan.

Baca juga: 20 Tahun Berlalu, Inggris Belum Lupakan Kematian Putri Diana...

Namun sejak 2010, Harrods sudah berpindah tangan ke perusahaan Qatar Investment Authority.

Direktur Pusat Perbelanjaan Michael Ward mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan patung yang dibuat sebagai kenangan atas pasangan tersebut.

"Kami bangga dapat menjadi bagian dari upaya mengenang kehidupan Putri Diana dan Dodi Al Fayed dengan menyambut orang-orang di seluruh dunia untuk datang dan mengunjungi memorial tersebut selama 20 tahun," kata Ward.

"Namun kami merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan patung tersebut kepada Tuan Al Fayed dan kepada publik untuk diundang memberikan penghormatan mereka di istana," tambahnya.

Meski rencanaya telah diumumkan, namun belum dapat dipastikan kapan memorial itu akan dipindahkan, maupun apakah patung masih akan dibuka untuk umum.

Baca juga: Berlian Putri Diana dalam Cincin Tunangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Juru bicara keluarga Al Fayed menyampaikan terima kasihnya atas perusahaan Qatar yang telah merawat memorial tersebut. Mereka juga menambahkan siap membawa pulang patung itu.

Patung tersebut dipesan langsung oleh Mohammed Al Fayed dan dibuat oleh seniman Bill Mitchell yang telah mengabdi pada keluarga Fayed selama 40 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com