Kompas.com - 12/01/2018, 22:59 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

MOSKWA, KOMPAS.com - Komisi Pemilu Pusat Rusia telah resmi mendaftarkan pemimpin perusahaan pertanian besar sekaligus pebisnis Pavel Grudinin sebagai kandidat dalam pemilihan presiden Rusia yang akan datang.

Grudinin (57) menjadi kandidat kedua yang dinyatakan lolos setelah melakukan prosedur registrasi dan mendapat sertifikat dari Komisi Pemilu Pusat Rusia pada Jumat (12/1/2018).

Kandidat pertama yang sudah lebih dulu dinyatakan lolos adalah ketua Partai Demokratik Liberal Rusia, Vladimir Zhirinovsky.

Grudinin dicalonkan oleh Partai Komunis Rusia dalam kongres partai Desember 2017 lalu, setelah memenangkan pemungutan suara rakyat.

Baca juga: Ini Dia Calon Presiden Resmi Pertama untuk Pilpres Rusia 2018

Dia mendapat 58,4 persen suara dalam pemungutan suara yang diselsenggarakan koalisi partai sayap kiri untuk menentukan kandidat gabungan dalam pemilu presiden 2018.

Grudinin yang merupakan direktur sebuah perusahaan pertanian kolektif di pinggiran Moskwa, terpilih meski dia bukanlah anggota Partai Komunis Rusia.

Undang-undang pemilu di Rusia memang mengizinkan partai politik mengajukan nama kandidat yang bukan berasal dari internal partai tersebut.

Mengutip dari Russian Times, Partai Komunis Rusia menunjuk Grudinin yang dianggap patut menjadi contoh.

Dia, melalui perusahaannya, telah membantu para pekerjanya dengan memberikan tempat tinggal, perawatan kesehatan, makan malam, hingga memberi subsidi untuk sejumlah tagihan, termasuk listrik.

Upah yang diterima para pekerjanya juga dilaporkan lebih tinggi dibandingkan perusahaan pertanian lain.

Baca juga: Pengadilan Tinggi Rusia Tolak Banding Pemimpin Oposisi untuk Maju Pilpres

Sejak 1995, Grudinin telah membangun perusahaannya menjadi salah satu produsen buah dan sayuran teratas di kawasan ini, serta pertanian stroberi terbesar di Rusia.

Awal pekan lalu, Grudinin juga telah mengumumkan program 20 langkahnya yang bertujuan mengubah strategi ekonomi negara dan memulihkan kedaulatan ekonomi Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.