Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Showroom" Mobil Khusus Perempuan Dibuka di Arab Saudi

Kompas.com - 12/01/2018, 14:59 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan swasta Arab Saudi, Kamis (11/1/2018),  membuka showroom mobil pertama khusus perempuan lima bulan setelah perempuan diizinkan mengemudi sendiri.

Ruang pamer mobil itu dibuka di sebuah pusat perbelanjaan di kota bisnis Jeddah. Di tempat ini para perempuan Saudi bebas melihat dan memilih mobil mereka sebelum mengemudi di jalanan.

Ruang pamer yang seluruh pegawainya adalah perempuan ini menyediakan banyak pilihan mobil dari berbagai merek dan jenis.

Tempat ini juga menyediakan solusi pembiayaan bagi perempuan yang ingin membeli mobil dengan bekerja sama dengan bank dan lembaga-lembaga finansial.

Baca juga : Arab Saudi Peringatkan Aktivis Kampanye Perempuan Mengemudi

Dalam sebuah keputusan bersejarah menjelang akhir tahun lalu, Raja Salman bin Abdul Aziz mengizinkan para perempuan Saudi untuk mengemudikan mobil sendiri.

Keputusan Raja Salman ini sekaligus mencabut aturan yang melarang perempuan untuk mengemudi yang sudah berlaku selama hampir tiga dekade.

Sebelum larangan ini dicabut, sudah banyak aktivis yang memperjuangkan hak mengemudi bagi perempuan sejak 1990-an harus berurusan dengan hukum.

Setelah diizinkan mengemudi mobil, pada Juni mendatang pemerintah akan mulai menerbitkan surat izin mengemudi bagi perempuan.

Bahkan, nantinya perempuan Saudi juga diizinkan mengendarai sepeda motor. Demikian disebut beberapa laporan media setempat.

Baca juga : Perempuan Saudi Ditangkap karena Menentang Larangan Mengemudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com