Kompas.com - 12/01/2018, 10:41 WIB
EditorVeronika Yasinta


ORISSA, KOMPAS.com - Seorang pria di negara bagian Orissa, India timur, membangun jalan sekitar 8 kilometer hanya dengan menggunakan kapak dan linggis.

Tujuannya, agar anak-anaknya yang merantau untuk bersekolah bisa lebih sering pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

Jalandhar Nayak (45) tinggal di sebuah desa yang terpencil, sekitar 10 km dari sekolah tempat ketiga putranya menempuh pendidikan.

Namun, perjalanan pulang kampung bagi ketiga anaknya itu memakan waktu sampai tiga jam karena harus mendaki lima perbukitan untuk sampai ke kampung asalnya.

Baca juga : Sapi Masuk ke Bandara di India, Dua Penerbangan Terpaksa Dialihkan

Nayak pun turun tangan langsung dengan membuka sisa jalan sepanjang 7 km lebih agar anak-anak bisa mencapai kampungnya.

Selama dua tahun terakhir, setiap pagi dia membawa peralatannya berupa kapak cangkul dan linggis. Dia bekerja selama sekitar 8 jam untuk menghancurkan bebatuan.

Kepada wartawan, dia mengungkapkan harapan ketiga putranya akan bisa pulang lebih sering di akhir pekan atau pada musim liburan jika jalan itu sudah selesai.

Pejabat pemerintah mengatakan akan mengambil alih kelanjutan pembangunan jalan yang sudah dirintis Nayak. Mereka menjanjikan akan membayar Nayak atas pengerjaan jalan yang telah dilakukannya.

Dituntaskan pemerintah

Nayak gembira karena pembangunan jalan akan dituntaskan oleh pemerintah. Dia juga meminta pemerintah untuk menyalurkan listrik dan air minum ke kampungnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.