Kompas.com - 11/01/2018, 17:16 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Parlemen Etiopia telah menyetujui larangan adopsi anak Etiopia oleh warga negara asing. Larangan itu menyusul adanya kekhawatiran akan perlakuan buruk terhadap anak-anak itu di luar negeri.

Larangan tersebut sempat pendapat pertentangan dari anggota parlemen yang khawatir dengan kurangnya pusat penanganan anak di Etiopia yang dapat menangani anak-anak yatim.

Etiopia masuk ke dalam 10 negara teratas tujuan orangtua atau pasangan asal AS yang ingin mengadopsi anak.

Baca juga: Adopsi Bayi di Kardus, Bupati Cellica Sebut Tak Akan Pilih Kasih

Namun pada 2011 muncul kasus kematian karena kekerasan dalam rumah tangga dengan korban anak kelahiran Etiopia yang diadopsi keluarga asal AS.

Kasus itu menyebabkan menurunnya adopsi anak di Etiopia oleh keluarga asing hingga 90 persen.

Dilansir New York Daily News, kebijakan nasional untuk anak Etiopia terbaru mengatakan anak-anak yatim harus tinggal dan besar di tanah air mereka dengan mengenal serta menghormati budaya dan tradisi mereka.

"Mereka harus diadopsi secara lokal atau didukung wali membantu mereka untuk dapat bertemu dengan orangtua ataupun keluarga biologis mereka," bunyi kebijakan itu.

Pejabat urusan hukum di dewan legislatif Petros Woldensenbet turut mendukung larangan adopsi oleh warga asing yang dipandangnya akan membantu meringankan masalah identitas dan psikologis anak-anak.

Data dari Departemen Luar Negeri, jumlah anak Etiopia yang diadopsi keluarga AS menurun hingga lima persen di 2016 menjadi hanya 5.372 anak.

Jumlah itu bisa kembali meningkat seandainya komunitas adopsi di AS membantu mengatasi kekhawatiran banyak pihak terkait etika dan pengawasan.

Baca juga: Calon Orang Tua Asuh Diuji 6 Bulan Sebelum Rawat Anak Adopsi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.