Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traktir Warga Miskin Nonton Sirkus, Paus Fransiskus Dikecam

Kompas.com - 11/01/2018, 15:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

ROMA, KOMPAS.com - Niat baik seseorang belum tentu ditanggapi positif sebagian orang lainnya. Itulah yang menimpa Paus Fransiskus.

Pada Rabu (10/1/2018), Paus Fransiskus memutuskan untuk menraktir sekitar 2.100 warga miskin Roma untuk menyaksikan Sirkus Medrano, di pinggiran kota Roma.

Namun, siapa sangka langkah Paus Fransiskus malah menuai kecaman dari para aktivis hak-hak binatang karena menganggap keputusan Paus ini sebagai dukungan terhadap eksploitasi hewan.

Vatikan menjadwalkan kegiatan ini pada Kamis (11/1/2018) siang. Mereka yang ditraktir menonton adalah warga miskin, tunawisma, sekelompok narapidana, anak-anak miskin, dan para sukarelawan.

Baca juga : Paus Fransiskus: Jangan Padamkan Harapan Para Imigran dan Pengungsi

"Kami amat terkejut Vatikan melakukan hal ini," kata Gaia Angelini, dari kelompok pelindung hewan LAV.

Gaia mengatakan, penggunaan hewan di sirkus sudah dihapuskan di banyak negara termasuk Italia.

Sebab, kini banyak pihak memahami bahwa menaruh hewan-hewan itu di dalam kandang dan selalu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain membuat para hewan menderita.

"Sangat mengejutkan sebuah tindakan yang ditujukan untuk menunjukkan solidaritas juga melibatkan eksploitasi terhadap makhluk terlemah, dalam hal ini hewan," tambah Gaia kepada kantor berita Reuters.

Pada 2016, pengadilan kota Padua di wilayah utara Italia menjatuhkan hukuman percobaan selama delapan bulan untuk seorang pengelola sirkus yang dituduh memperlakukan hewan-hewannya secara semena-mena.

Salavatore Mendola, manajer sekaligus juru bicara sirkus, mengatakan, tuduhan itu tak terbukti dan kasusnya masih bergulir di pengadilan.

Mendola mengatakan kepada Reuters, sirkus tersebut kini dikelola orang-orang yang berbeda.

"Kami memperlakukan hewan-hewan kami dengan amat baik. Kami mendapatkan izin untuk menggelar pertunjukan di setiap kota dan dokter hewan selalu melakukan pemeriksaan sebelum izin diterbitkan. Hewan-hewan kami amat terpelihara," ujar Mendola.

Dalam beberapa tahun terakhir Paus Fransiskus sudah melakukan banyak hal untuk membantu warga miskin di sekitar Italia.

Baca juga : Beri Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Yerusalem

Misalnya, dia menyediakan tempat khusus agar warga miskin dan tunawisma bisa mandi, memangkas rambut, dan mencukur jenggot secara gratis.

Dia juga memberikan tur gratis ke Kapel Sistine dan pada November lalu mengajak 7.000 orang miskin makan malam di Vatikan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com