Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Hutan Aokigahara di Jepang, Tempat Sempurna untuk Mati

Kompas.com - 09/01/2018, 14:49 WIB


AOKIGAHARA, KOMPAS.com - Hutan Aokigahara di Jepang menjadi perbincangan setelah seorang warga Amerika Serikat yang populer di Youtube mendapat cacian dan kecaman terkait video jasad korban bunuh diri di hutan tersebut.

Hutan itu memang terkenal di Jepang sebagai lokasi bunuh diri. Jumlah korban bunuh diri di hutan tersebut tidak pernah dipublikasikan agar tempat itu tidak semakin populer.

Secara keseluruhan, jumlah korban bunuh diri di Jepang cukup tinggi. Jepang juga termasuk 10 negara dengan rata-rata bunuh diri tertinggi di dunia.

Berdasarkan catatan resmi, terdapat 21.897 orang yang meninggal akibat bunuh diri di Jepang pada 2016. Angka itu termasuk yang paling rendah selama 20 tahun terakhir.

Baca juga: YouTuber Pengunggah Video Korban Bunuh Diri Absen dari YouTube

Hutan Aokigahara terletak di bagian barat laut Gunung Fuji, sekitar 100 kilometer sebelah barat Tokyo.

Dengan luas 30 kilometer persegi, hutan tersebut cukup subur akibat curahan lahar yang berasal dari Gunung Fuji yang meletus pada 864.

Aokigahara kerap dikaitkan dengan kematian. Kawasan itu diyakini pernah digunakan untuk melakoni ritual "ubasute", sebuah ritus pengasingan diri manula ketika masa kelaparan dan musim kering melanda.

Sebagian orang Jepang masih percaya ada arwah-arwah yang bergentayangan di hutan itu.

Film The Forest (2016) memperlihatkan plang imbauan tidak bunuh diri di Hutan Aokigahara. (Foto: Gramercy Pictures) Film The Forest (2016) memperlihatkan plang imbauan tidak bunuh diri di Hutan Aokigahara. (Foto: Gramercy Pictures)
Popularitas meningkat

Popularitas Aokigahara sebagai lokasi bunuh diri baru meningkat beberapa tahun terakhir.

Sebabnya? Beberapa pejabat Pemerintah Jepang menduga hal itu dipicu kemunculan Tower of Waves, novel karya Seicho Matsumoto terbitan 1961, yang berisi aksi bunuh diri sepasang kekasih di hutan Aokigahara.

Buku lain, The Complete Manual of Suicide (1993) karya Wataru Tsurumi, menggambarkan Aokigahara sebagai "tempat sempurna untuk meninggal dunia".

Buku itu terjual jutaan eksemplar. Wataru Tsurumi menggambarkan Aokigahara sebagai "tempat sempurna untuk meninggal dunia" dalam bukunya.

Baca juga: YouTuber Kondang Minta Maaf Setelah Viralkan Korban Bunuh Diri Jepang

Hutan Aokigahara juga memikat Hollywood. Ada setidaknya dua film yang terinspirasi oleh reputasi Aokigahara, yakni Sea of Trees (2015), yang dibintangi Mathhew McConaughey, dan film horor The Forest yang dirilis 2016.

Ada pula sejumlah acara televisi yang membahas Aokigahara di sejumlah negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com