Kompas.com - 09/01/2018, 14:21 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


PANMUNJOM, KOMPAS.com - Korea Utara menawarkan pengiriman delegasi tingkat tinggi dan regu pertunjukkan seni ke Olimpiade Musim Dingin 2018, di Pyeongchang, Korea Selatan, bulan depan.

Sementara, Korea Selatan juga telah mengajukan atletnya untuk menjadi bagian dari upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade.

Dilansir dari Yonhap, Senin (9/1/2018), keinginan Korea Utara untuk bergabung dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin 2018 disampaikan secara resmi dalam pertemuan dengan Korea Selatan di desa perbatasan Panmunjom.

Dua Korea saling menyatakan usulannya dalam sesi pagi di perundingan resmi, yang digelar setelah dua tahun.

Baca juga : Inilah Momen Ketegangan Korea Utara dan Korea Selatan Selama 68 Tahun

Selain membicarakan partisipasi negara pimpinan Kim Jong Un dalam Olimpiade, pembahasan hubungan yang tegang di antara keduanya juga masuk dalam agenda.

Wakil Menteri Unifikasi Korea Selatan Chun Hae Sung menawarkan usulan dua Korea berdampingan bersama dalam upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade.

Korea Utara juga diperbolehkan untuk mengirimkan massa pendukung selama Olimpiade digelar.

"Kami juga meningkatkan keperluan untuk mengakhiri upaya yang bisa menaikkan ketegangan di Semenanjung Korea dan melanjutkan dialog untuk membawa perdamaian, termasuk denuklirisasi," katanya.

Baca juga : Harapan Delegasi Korut dan Korsel dalam Pertemuan Resmi Hari Ini

Sebagai gantinya, Korea Utara akan mengirim delegasi, termasuk pejabat tinggi, atlet, massa pendukung, regu seni, tim demonstrasi taekwondo dan jurnalis di Olimpiade Musim Dingin 2018.

"Korea Utara mengusulkan penyelesaian masalah terkait hubungan antar-Korea melalu dialog dan negoisasi untuk perdamaian dan persatuan di Semenanjung Korea," tambah Chun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber yonhapnews
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.