Kompas.com - 09/01/2018, 14:20 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebagian besar atau nyaris semua kambing di seluruh dunia menjadikan rumput atau dedaunan sebagai makanan pokok mereka.

Namun, seekor kambing milik seorang warga kota Mandya, negara bagian Karnataka, India ini memiliki selera berbeda.

Kambing ini gemar menyantap rokok dan berbagai produk yang mengandung tembakau.

Kambing ini cukup dikenal di kota Mandya, karena kerap berkeliaran di dekat warung kopi atau pasar berharap ada orang yang memberinya rokok atau tembakau.

Baca juga : Muslim Singapura Sumbang Seribuan Ekor Kambing untuk Warga Grobogan

Selain menyantap rokok, kambing inin juga amat menyukai apa yang disebut warga India sebagai "beedis", yaitu tembakau mentah yang dibungkus daun.

Yashwant, pemilik kambing unik itu, mengatakan, hewan peliharaannya tersebut pada awalnya menyantap puntung rokok yang ada di jalanan atau di tempatnya merumput.

"Sejak itu dia kecanduan tembakau dan malah menjadikan tembakau menjadi makanan sehari-harinya. Saya bahkan pernah melihat dia menjilati bungkus tembakau," ujar Yashwant.

Peternak setempat memang biasa menggunakan tembakau dalam jumlah kecil untuk menyingkirkan parasit dan cacing di perut kambing.

Jika seekor kambing jatuh sakit, sang pemilik biasanya juga memberi hewan peliharaannya tembakau dengan jumlah agak banyak.

Baca juga : Bikin Status Facebook soal Kambing Mati, Jurnalis Banglades Ditangkap

Namun, pada 2011 para peneliti menemukan bahwa tembakau berbahaya bagi hewan yang menyantapnya dan berbahaya bagi manusia yang nantinya mengonsumsi daging hewan itu.

Para peneliti mengatakan, menyantap tembakau yang mengandung nikotin bisa mengakibatkan banyak penyakit hingga kematian bagi hewan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.